42 Desa di Belitung Dapat Tambahan ADD Rata-rata Rp 41 Juta

Dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2018, 42 desa se-Kabupaten Belitung mendapatkan penambahan Alokasi Dana Desa (ADD)

42 Desa di Belitung Dapat Tambahan ADD Rata-rata Rp 41 Juta
posbelitung.co/dede suhendar
Tim penetapan ADD Kabupaten Belitung melakukan rapat perhitungan pagu sementara penambahan ADD dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah, Jumat (24/8/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM - Dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2018, 42 desa se-Kabupaten Belitung mendapatkan penambahan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp ‎ 54.084.694.000.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar Rp 1,7 milyar atau 3,336 persen dari APBD induk 2018 yang berjumlah Rp 52,3 milyar.

Berdasarkan hasil pembahasan rapat tim ‎penetapan ADD Kabupaten Belitung, pagu sementara rata-rata desa menerima tambahan anggaran sekitar Rp 41 juta, dimana Desa Aik Rayak mendapat alokasi terbesar sekitar Rp 43 milyar dan Desa Tanjong Tinggi mendapat alokasi terendah yaitu Rp 40 juta.

"Penambahan ini untuk melengkapi jumlah minimal 10 persen dari total APBD Kabupaten Belitung. Karena berdasarkan aturan besaran ADD itu dihitung minimal 10 persen dari APBD," ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Wigman saat ditemui usai rapat, Jumat (24/8/2018).

‎Selain ADD, desa juga mendapat tambahan dari pembagian hasil pajak dan retribusi daerah dengan total Rp 8,8 milyar atau naik sekitar Rp 1,4 milyar atau 19,81 persen.

Sementara itu, dalam APBD induk, desa mendapatkan pembagian retribusi sebesar Rp 7,4 milyar.

Wigman menjelaskan ‎untuk pembagian pagu ADD dihitung berdasarkan rumusan indikator yang telah ditetapkan. Indikator tersebut meliputi alokasi dasar, jumlah penduduk, jumlah rumah tangga miskin, Luas wilayah dan indeks kondisi geografis (IKG).

"‎Indikator juga dipakai untuk menentukan pagu bagi hasil pajak dan retribusi. Jadi sudah ada formulanya, misalnya untuk alokasi dasar itu semuanya sama nanti ditambah dengan jumlah penduduk dan indikator lainnya," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved