Pemprov Babel Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Bantu Korban Gempa Lombok

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menganggarkan bantuan untuk korban Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pemprov Babel Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Bantu Korban Gempa Lombok
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka, Yan Megawandi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menganggarkan bantuan untuk korban Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) senilai Rp 1 miliar dalam Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (RKUA PPAS) Perubahan Tahun Anggaran 2018.

"Dianggaran perubahan atas persetujuan pak Gubernur dan Pak Wagub serta DPRD kita juga menganggarkan bantuan untuk bencana di NTB Lombok sekitar Rp 1 miliar," kata Sekretaris Daerah Babel, Yan Megawandi, Jum'at (24/8/2018).

Yan menyebutkan tanggal 20 Agustus lalu, pihaknya mendapatkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri untuk membantu korban lombok. Oleh karena itu, pihaknya memiliki dasar untuk menganggarkan.

"Ada surat edaran menteri dalam negeri tanggal 20 Agustus lalu, karena posisi keuangan kita belum optimal kita bisa membantu sebesar Rp 1 miliar. Kita berharap ini sebagai stimulan untuk memancing sumbangan masyarakat yang sudah ada agar ditingkatkan," tambahnya.

Bantuan ini diharapkan sebagai stimulan untuk mendorong dan menggugah bantuan lainnya, baik dari masyarakat, swasta dan pemerintah menurutnya juga sudah melakukan itu.

"Ini hanya sebagian kecil dari yang butuhkan. Mungkin mereka membutuhkan puluhan kali lipat dari yang kita sumbangkan, ini hanya stimulan saja untuk juga memancing masyarakat, swasta untuk juga membantu mereka,"

Disinggung bentuk bantuan yang akan disalurkan dari penganggaran. Yan menyebutkan pihaknya masih akan membahas hal ini.

"Peruntukkannya akan kita bicarakan, yang penting kita alokasikan dulu anggarannya untuk bantuan kesana. Ada memang salah satu yang diinginkan pak Gubernur dan pak Wagub, agar bisa membangun masjid utuh seperti bencana di Sumatera Barat dan Bengkulu yang lalu," ujarnya.

Yan juga mengapresiasi DPRD Babel yang antusias dan setuju untuk mendukung rencana bantuan kepada korban gempa Lombok. 

"DPRD Babel antusias, bahkan DPRD mengusulkan agar menyelenggarakan sebuah kegiatan amal untuk bantuan ke Lombok. Kita berharap bantuan ini nanti menjadi stimulan untuk bantuan yang lebih banyak," tambahnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help