Leisure Bangka Belitung

Ribuan Warga Meriahkan Belijong Culture Festival di Kabupaten Bangka

Ribuan warga berpesta-pora merayakan acara Belijong Culture Festival di Kelenteng Panji Mulia, Kutopanji Belinyu.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Ribuan warga berpesta-pora merayakan acara Belijong Culture Festival di Kelenteng Panji Mulia, Kutopanji Belinyu.

Mereka kemudian membentuk barisan memikul patung naga, dan berbagai patung lainnya mengelilingi kota, Jumat (24/8/2018) Petang.

Berbagai sajian juga dihidangkan di tempat ini. Panitia juga menghadirkan pesawat dan kapal laut buatan dari papan, kayu dan kertas. Festival ini digelar dua hari berturut dalam rangkaian Ritual Sembahyang Rebut.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Babel, Dr Rivai, Wakapolda Babel Kombes (Pol) Tantan S, DPD RI Bahar Buasan dan berbagai pejabat serta tokoh lainnya.

"Ini peristiwa penting yang terjadi di Kota Belinyu, Kelenteng (Panji Mulia) Kutopanji. Saya hadir mewakili Pak Gubernur Babel dalam rangka memberi support suksesnya pelaksanaan Belijong Culture Festival yang menurut hemat saya kali pertama diselenggarakan secara booming," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Babel, Dr Rivai di acara itu, Jumat (25/8/208).

Rivai memastikan dukungannya selaku Kadin Kebudayaan dan Pariwisata Babel terhadap penyelenggaraan even yang dapat membangkitkan dunia pariwisata daerah.

"Kita bicara dalam aturan main dalam tataran pemerintahan. Di skala nasional ada yang namanya rencana induk pengembangan pariwisata nasional. Kita hanya bagian kecil dari rencana induk itu," katanya.

Kenapa Provinsi Babel menjadi bagian kecil dari rencana induk yang dimaksud, Rivai menjelaskan lebih rinci.

"Karena apa, Karena kita hanya awal gelar satu di wilayah Tanjung Kelayang (Belitung). Satu saja, yang lainnya gimana? Otomatis Pemprov harus sedemikian rupa untuk mengemas supaya program ke depannya arah parawisata di Pemprov Babel lebih fokus," katanya.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help