Massa Ormas Hadang Kedatangan Ratna Sarumpaet di Bandara Bangka

Aksi demo berlangsung hari ini yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi hingga menjelang siang berlokasi di kawasan pintu masuk Bandara Depati Amir

Massa Ormas Hadang Kedatangan Ratna Sarumpaet di Bandara Bangka
Bangka Pos/ Ryan
Sejumlah massa saat menggelar aksi demo damai di ruas jalan pintu kawasan bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang. Aksi demo yang dilakulan sejumlah ormas tersebut sebagai sikap menolak acara Road Show Diskusi Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) di Bangka Belitung. 

Laporan wartawan Bangka Pos Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM  --  Gerakan penolakan acara Road Show Diskusi Selamatkan Indonesia (GSI) tak cuma diwarnai aksi demo sekelompok ormas, OKP maupun LSM di kantor Mapolda kep Bangka Belitung (Babel), Kamis (24/8/2018) kemarin, namun aksi serupa pun kembali dilakukan oleh sejumlah ormas, OKP & LSM di Babel.

Kali ini aksi penolakan terhadap acara GSI oleh sejumlah ormas, OKP & LSM diantaranya Pemuda Panca Marga, FKPPI, alumni aktifis mahasiswa Babel, serta tim relawan Babel Cinta Damai melibatkan massa mencapai puluhan orang.

Aksi demo kali ini pun berlangsung, Sabtu (25/8/2018) yang dimulai sejak pukul 8 pagi hingga menjelang siang dan berakhir sekitar pukul 13.00 WIB, berlokasi di kawasan pintu masuk Bandara Depati Amir, Kota Pangkalpinang.

Aksi demo damai saat itu sempat menjadi sorotan para pengguna jalan yang kebetulan melintasi ruas jalan setempat (kawasan bandara) lantaran pendemo dalam melakukan aksi orasi menggunakan sound system atau pengeras suara.

Tak sekedar itu, aksi tersebut sengaja dilakukan oleh para aktifis ormas atau OKP dan LSM termasuk tim relawan Babel Cinta Damai tak lain bermaksud ingin menghadang kedatangan ketua Presidium GSI, Ratna Sarumpaet di depan pintu masuk/keluar bandara Depati Amir lantaran kedatangan Ratna Sarumpaet di Bangka diperkirakan sekitar pukul 12.00 WIB.

Aksi demo damai yang dilakukan oleh sejumlah ormas tersebut berjalan tertib berlangsung sejak pukul 09.00 wib hingga berakhir pukul 13.00 wib.
Aksi demo damai yang dilakukan oleh sejumlah ormas tersebut berjalan tertib berlangsung sejak pukul 09.00 wib hingga berakhir pukul 13.00 wib. (bangkapos/Ryan Prakasa)

Meski begitu sejumlah aparat kepolisian pun terlihat dalam posisi siap siaga di sekitar lokasi aksi demo berlangsung guna mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Rikky Fermana selaku koordinator aksi demo damai menolak kegiatan Road Show Diskusi GSI di Babel dalam orasinya menegaskan jika pihaknya selaku masyarakat Babel sampai saat ini menolak tegas jika acara diskusi tersebut dilaksanakan di Babel.

"Kami tetap menolak kegiatan Road Show Diskusi GSI di Babel hari ini, sebab kami mengkhawatirkan kegiatan tersebut akan memicu konflik di kalangan masyarakat Babel. Apalagi dalam undangan acara tersebut tertera tag 2019 Ganti Presiden," kata sekjend PPM Provinsi Babel dalam orasinya saat itu didampingi Wadanmen 29 Yudha Putra PPM provinsi Babel, Amir Hamzah.

Alasan lainnya menurut Rikky pihaknya tetap menolak kegiatan diskusi GSI sesungguhnya murni tanpa ada kepentingan politik atau kelompok tertentu maupun kepentingan politik para capres/cawapres 2019 mendatang, sebaliknya ditegaskanya semata-mata aksi yang dilakukan pihaknya demi menjaga iklim kamtibmas yang kondusif di Babel.

Halaman
12
Penulis: ryan augusta
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help