Gerakan Literasi Tumbuhkan Budaya Membaca dan Menulis Guru dan Siswa

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang menggelar kegiatan Pelatihan Menulis Buku SAGUSABU (Satu Guru Satu Buku) Pangkalpinang

Gerakan Literasi Tumbuhkan Budaya Membaca dan Menulis Guru dan Siswa
bangkapos/edwardi
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang menggelar kegiatan Pelatihan Menulis Buku SAGUSABU (Satu Guru Satu Buku) Pangkalpinang Tahun 2018 di Ruang Pertemuan (OR) Kantor Walikota Pangkalpinang, Senin (27/08/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang menggelar kegiatan Pelatihan Menulis Buku SAGUSABU (Satu Guru Satu Buku) Pangkalpinang Tahun 2018 di Ruang Pertemuan (OR) Kantor Walikota Pangkalpinang, Senin (27/08/2018).

Asisten II Setdako Pangkalpinang, Suryo Kusbandono mengatakan melalui lembaga Mediaguru diharapkan ke depan mampu melahirkan ratusan penulis buku baru dari kalangan guru di seluruh Indonesia.

"Tujuan pelatihan ini untuk membangun kebiasaan menulis dan menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku di kalangan guru sebagai bagian dari program Gerakan Literasi Nasional (GLN)," kata Suryo.

Pendidikan dan literasi merupakan dua hal yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dan merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu pelaksana pendidikan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa.

"Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan suatu gerakan literasi di sekolah agar warga sekolah terutama guru dan siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat," ujarnya.

Menurutnya gerakan literasi sekolah menjadi penting dalam dunia pendidikan di Indonesia khususnya berbagai daerah di pelosok tanah air, dimana program literasi menjadi program yang harus diterapkan di setiap jenjang pendidikan.

"Tujuan gerakan literasi ini adalah meningkatkan budaya baca dan menulis bagi seluruh warga sekolah karena hal ini dapat menumbuhkan budi pekerti dan akhlak yang mulia," harapnya.

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help