Produksi Sayur Sawi di Belitung Terbilang Masih Normal, Sehari Mencapai Satu Ton

Dari lahan pertanian yang ada di lima desa di Kabupaten Belitung, produksi sayur sawi mencapai 1 ton perhari.

Produksi Sayur Sawi di Belitung Terbilang Masih Normal, Sehari Mencapai Satu Ton
Bangka Pos/ Disa Aryandi
Kepala Seksi Pengelolahan dan Pemasaran Hasil TPH Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Belitung Haryanto. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Kepala Seksi Pengelohan dan Pemasaran Hasil TPH Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Belitung Haryanto mengatakan, produksi sayur khususnya sawi kini masih terbilang normal.

Dari lahan pertanian yang ada di Desa Perawas, Desa Batu Itam, Desa Membalong, Desa Terong dan Desa Buluh Tumbang, produksi sayur sawi mencapai 1 ton perhari.

"Rata-rata sehari produksi nya segitu (1 ton). Nah kalau central produksi sayur sawi ini, sebetulnya ada di Perawas, Batu Itam, dan Membalong. Tiga tempat ini yang banyak menanam sayur sawi, dan hasilnya juga seperti di Batu Itam itu bisa 300 sampai 400 kilo (Kg) perhari," kata Haryanto kepada posbelitung.co, Senin (27/8/2018).

Khusus jenis sayur sawi pahit, biasa menghasilkan produksi sebanyak 4000 kg perhari. Sedangkan sayur sawi manis diproduksi sebanyak 3000 kg perhari dari berbagai tempat penanaman tersebut.

"Kalau kemarau seperti tidak ada kendala dalam segi pertanian sayur, ya paling hanya air itu saja. Yang gagal panen misalkan, jarang paling hanya sedikit saja," ucapnya.

Haryanto mengaku, kondisi harga sayur sawi di Pasar Tanjungpandan kini sedang turun. Namun tetap bisa menutupi operasional petani sayur, lantaran antara harga jual dan kebutuhan petani masih bisa teratasi.

"Jadi masih terbilang seimbang, dan masih bisa berkesinambungan. Pasaran sayur dari sini juga bukan hanya di Belitung induk saja, tapi di Belitung Timur," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help