Sayur Sawi di Belitung Sepenuhnya dari Produksi Petani Lokal

Haryanto mengatakan, sayur sawi yang dijual di Pasar keseluruhan produksi petani lokal

Sayur Sawi di Belitung Sepenuhnya dari Produksi Petani Lokal
Ist
Sejumlah petani di Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung sedang melakukan panen sayur sawi 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -Kasi Pengelohan dan Pemasaran Hasil TPH Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Belitung Haryanto mengatakan, sayur sawi yang dijual di Pasar, secara keseluruhan produksi petani lokal.

Tidak terdapat jenis sayuran di Belitung ini merupakan hasil kiriman dari luar daerah. Sebab komoditi tersebut, cepat mengalami kerusakan dan layu sehingga tidak bisa terlalu lama dibiarkan.

"Tidak ada yang dari luar daerah, semua dari lokal sini (Belitung). Jadi kalau sayur - sayuran ini, masih bisa menutupi kebutuhan masyarakat," ucap Haryanto kepada Posbelitung.co, Senin (27/8/2018).

Sayur sawi merupakan komoditi yang cepat diproduksi atau dipanen petani. Dari awal pembibitan hingga berusia 35 hari, sayur sawi ini sudah siap dipanen. Dalam 1/4 hektare lahan petani sayur sawi, bisa memproduksi hingga lima ton sawi.

"Tapi tentunya tidak semua sekaligus di tanam, mereka menyemai biasa setiap dua minggu sekali, sehingga nanti panen nya tidak bersamaan," ujarnya.

Terkait harga sayur sawi, kata Haryanto, memang memang tidak bisa ditentukan. Biasa pedagang menaikan harga tersebut dan menurunkan setiap hari, atau satu pekan sekali. Namun mereka tetap melihat kondisi pasaran.

"Jadi kalau sedang banyak, harganya turun. Sebetulnya ada yang bisa membuat harga sayur ini tinggi, yaitu menggunakan pestisida. Tapi konsumsen ini belum begitu mengerti, sehingga harga sayur yang tidak dipestisida dan dipestisida dibuat sama," bebernya.

Seharusnya, sayur yang diperstisida harus memiliki harga lebih tinggi, lantaran tingkat mutu baik. Namun kedepan, sayur sawi yang dipestisida telah direncanakan dipasarkan diperhotelan.

"Ini yang harus lebih kami berikan pemahaman kepada masyarakat. Kedepan kami akan coba kerjasama dengan pihak hotel nanti," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help