Bupati Tegaskan Setiap Penduduk Kabupaten Bangka Berhak Mendapat Santunan Kematian Sebesar Rp 1 Juta

Santunan kematian sebesar Rp 1 juta yang digelontorkan Pemkab Bangka untuk warga Kabupaten Bangka yang meninggal dunia dikeluhkan warga

Bupati Tegaskan Setiap Penduduk Kabupaten Bangka Berhak Mendapat Santunan Kematian Sebesar Rp 1 Juta
Bangka Pos/Nurhayati
H Tarmizi Saat 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Santunan kematian sebesar Rp 1 juta yang digelontorkan Pemkab Bangka untuk warga Kabupaten Bangka yang meninggal dunia dikeluhkan beberapa warga.

Pasalnya dana tersebut tidak bisa didapat oleh keluarga ahli waris yang berhak menerimanya.

Setelah diurus oleh pihak keluarga ahli waris dari pihak desa tidak mau mengeluarkan surat rekomendasi untuk persyaratan pengurusan santunan kematian tersebut.

Menurut warga alasan pihak desa karena warga yang meninggal dunia tersebut pensiunan PT Timah Tbk.

Menanggapi keluhan beberapa warga tersebut Bupati Bangka H Tarmizi menegaskan bahwa setiap warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Bangka tetap berhak mendapatkan santunan kematian sebesar Rp 1 juta dari Pemkab Bangka.

"Yang penting pakai KTP Bangka dapat," kata Tarmizi.

Dijelaskannya, perkiraan warga yang meninggal di Kabupaten Bangka setiap tahunnya sekitar 1.300 hingga 1.600 orang maka dianggarkan Pemkab Bangka selama satu tahun sebesar Rp 1,6 milyar dari APBD Kabupaten Bangka.

Untuk pengurusan dana kematian tersebut yakni melampirkan fotokopi surat kematian, KTP dan kartu keluarga.(*)

Tarmizi mengatakan, yang mengeluarkan dana kematian tersebut bukan pemerintah desa tetapi melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bangka.

"Desa tidak berhak mengatakan ahli waris tidak dapat santunan kematian tetapi hanya membuat rekomendasi saja. Kalau tidak ada KTP dan KK mungkin tapi kalau punya KTP Kabupaten Bangka seperti apapun orangnya tetap dapat. Mungkin mereka belum paham saja, harus dapat itu," tegas Tarmizi. (*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved