Baznas Bangka Beriksn Penghargaan untuk Lima UPZ Terbaik

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka memberikan penghargaan lima Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terbanyak setorannya 2017

Baznas Bangka Beriksn Penghargaan untuk Lima UPZ Terbaik
ist/humas dan protokol setda bangka
BAZNAS Kabupaten Bangka memberikan penghargaan kepada lima Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang terbanyak setorannya pada tahun 2017, Jum’at (31/8/2018) di Ruang Rapat Bina Praja Setda Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bangka memberikan penghargaan kepada lima Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang terbanyak setorannya pada tahun 2017, Jum’at (31/8/2018) di Ruang Rapat Bina Praja Setda Bangka. 

Kelima penghargaan tersebut diberikan untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka sebagai peringkat pertama dengan total zakat Rp 209.252.808, peringkat kedua diraih RSUD Depati Bahrin dengan total zakat Rp 101.931.000, peringkat ketiga diraih Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP dengan total zakat Rp 70.411.000, peringkat keempat diberikan kepada Dinas Kesehatan Bangka dengan total zakat Rp 60.285.000, dan peringkat kelima diberikan kepada Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka dengan total zakat Rp 51.796.000.

"Pemberian penghargaan ini diberikan sebagai salah satu ucapan terima kasih yang disampaikan mustahiq penerima zakat kepada muzakki yang telah memberikan zakat," ungkap Nasir Hasan Ketua BAZNAS Kabupaten Bangka melalui rilis yang dikirimkan Humas dan Protokol Setda Bangka.

Dijelaskan Nasir Hasan lagi, selama tahun 2017 kemarin pihaknya telah menyalurkan zakat kepada sekitar 2.000 mustahiq penerima zakat se Kabupaten Bangka yang mana total penerimaan zakat pada tahun 2017 lalu adalah sekitar Rp 1 milyar lebih.

"Dari data yang didapat di BPS, masyarakat miskin di Bangka ini sekitar 6.000 lebih dan kita menargetkan pada tahun 2018 ini penerimaan zakat sebesar Rp 2 milyar dan kita akan menyalurkannya kepada mustahiq yang berhak menerima zakat," kata Nasir Hasan.

Bupati Bangka, H Tarmizi Saat dalam menyampaikan terima kasih karena BAZNAS yang telah menerima dan menyalurkan zakat. Kedepannya menurutnya dalam pengambilan zakat harus tega karena orang-orang kaya memang berkewajiban membayar zakat.

Salah satu upayanya adalah dengan memberikan pemahaman oleh ustad yang tegas bahwa pembayaran zakat itu adalah untuk siar agama dan umembantu masyarakat yang tidak mampu.

"Perlu kerjasama yang baik dalam penanganan zakat. Zakat itu penting dan perlu ditegaskan lagi kepada orang-orang mampu agar ikhlas dan percaya dalam membayar zakat," imbau Tarmizi.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help