Gubernur BI Resmikan Gedung Baru Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung

Dengan peresmian gedung kantor yang baru, fungsi dan pelayanan sistem pembayaran dan pengedaran uang Rupiah telah dapat dijalankan

Gubernur BI Resmikan Gedung Baru Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung
Bangkapos/Yudha Palistian
Kemeriahan Peresmian Gedung Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung. 

Laporan Wartawan Bangka Pos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo,  meresmikan gedung baru Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung padaJumat (31/8/2018), di wilayah komplek perkantoran Gubernur Babel,  Air Itam, Pangkalpinang.

Peresmian dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Abdul Fatah),  Ketua DPRD Babel (Didit Srigusjaya),  Anggota DPD RI (Bahar Buasan,  Herry Erfian, Hudarni Rani dan Tellie Gozelie),  Kepala KPW Bank Indonesia Babel (Tantan Heroíka), unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,  Pimpinan Perbankan, Civitas Akademika dan instansi terkait lainnya.

Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, dalam sambutannya mengatakan pembangunan gedung kantor yang baru, menjadi wujud komitmen Bank Indonesia dalam menjalankan peran di daerah secara lebih optimal, melalui penyediaan fasilitas yang lebih mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia khususnya di bidang sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah.

"Dengan peresmian gedung kantor yang baru, fungsi dan pelayanan sistem pembayaran dan pengedaran uang Rupiah telah dapat dijalankan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung dengan efektif," jelasnya.

Selain menyinggung Gedung Baru tersebut,  Gubernur Bank Indonesia pun turut membeberkan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Babel cukup potensial dan mumpuni kedepannya, sehingga patut dikembangkan agar membantu perekonomian daerah.

Ia pun menghimbau agar Bank Indonesia Perwakilan Bangkapos Belitung senantiasa memperkuat Sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah yang mana dalam melaksanakan tugasnya sebagai strategic advisor.

Dalam waktu yang bersamaan,  Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Abdul Fatah,  mengutarakan dengan diresmikan gedung Baru Bank Indonesia perwakilan Bangka Belitung ini, kedepannya menjadikan kinerja semakin baik dan memperkuat sinergi dengan instansi terkait lainnya.

"Dengan diresmikannya gedung baru, keberadaan Bank Indonesia di tengah masyarakat Provinsi Babel semakin kokoh dan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ekonomi dan masyrakat pun turut memberikan andil besar dalam proses pembangunan tersebut," ujar wakil gubernur Babel itu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika S,  mengatakan mengenai keunggulan gedung baru tersebut bisa dilihat dari segi pola bangunan gedung yang baru tampak kokoh dan apik.

"Luasnya sekitar 13.000 Meter persegi dan jika dibandingkan dengan gedung lama hanya berkisar 2.400 Meter persegi. Jelas lebih luas yang baru dibandingkan dengan yang lama," ucapnya kepada Bangkapos.

Selain itu,  beberapa fasilitas pendukung pun sudah disiapkan seperti perpustakaan yang luas untuk para pelajar, mahasiswa serta akademisi bisa memanfaatkan ruang baca tersebut dengan baik.

Ia juga memaparkan bahwa pola bangunan Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung sangat kaya dengan budaya Babel, hal itu terbukti dari ornamen warna dinding,  lukisan,  serta pernak - pernik seperti kopia resam dan kain cual yang menghiasi di beberapa dinding.

Serta kegiatan pengedaran uang untuk wilayah belitung yang awalnya diambil oleh sumatera selatan maka digedung baru tersebut cakupan pengedaran yang wilayah babel sepenuhnya bisa dikelola dengan efektif.

Dalam acara peresmian tersebut pun, turut pula hadir pula booth Kain Cual dipelataran lobby Bank Indonesia Bangka Belitung,  yang mana kain cual adalah khas Bangka Belitung. (*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved