Tingkatkan Nilai Kepahlawanan, Dinsos Babel Gelar Olimpiade Pahlawan Indonesia 2018

Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Olimpiade Pahlawan Indonesia.

Tingkatkan Nilai Kepahlawanan, Dinsos Babel Gelar Olimpiade Pahlawan Indonesia 2018
Bangka Pos
Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Olimpiade Pahlawan Indonesia di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Kamis (30/8). 

BANGKAPOS.COM - Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Olimpiade Pahlawan Indonesia Kegiatan Pelestarian Nilai Kepahlawanan Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Tahun 2018 di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Kamis (30/8).

Olimpiade ini diikuti 13 sekolah perwakilan tujuh kabupaten/kota di Babel.

Dalam olimpiade ini ada tiga rangkaian lomba yakni cerdas cermat, debat dengan argumen tentang tonggak sejarah perjuangan bangsa dan story telling yang menceritakan sejarah perjuangan bangsa sebelum Kemerdekaan 1908 hingga Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus dan pasca kemerdekaan hingga kondisi yang dihadapi bangsa saat ini.

Kepala Dinas Sosial Babel, Aziz Harahad mengatakan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial yang telah diwariskan seperti sifat rela berkorban, pantang menyerah, bekerja keras dan suka menolong dan lainnya hendaknya selalu ditumbuhkembangkan di kalangan generasi muda sedini mungkin.

“Untuk merestorasi kembali nilai-nilai kejuangan menjadi sebuah jati diri bangsa dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan kepahlawanan para generasi muda, satu diantaranya melalui Olimpiade Pahlawan Indonesia,” kata Aziz dalam sambutannya.

Ia berharap nilai-nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial dapat tersosialisasikan di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

“Kita berharap olimpiade ini tidak hanya sebatas ajang perlombaan, tetapi menambah pengetahuan dalam membentuk karakter dari suatu bangsa menjadi nilai-nilai mulia,” harapnya.

Kasi Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Dinas Sosial Babel, Novirawati mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kecintaan dan pengetahuan terhadap pahlawan.

Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Olimpiade Pahlawan Indonesia di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Kamis (30/8).
Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Olimpiade Pahlawan Indonesia di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Kamis (30/8). (Bangka Pos)

Selain itu, perlombaan ini juga ajang mengkampanyekan dukungan penetapan Pahlawan Nasional dari Babel yakni Depati Amir dan HAS Hanandjoeddin yang diusulkan menjadi Pahlawan Nasional.

“Ini agenda rutin tahunan, 13 sekolah yang hadir hari ini merupakan perwakilan dari kabupaten/kota. Ini sekaligus kita mengkampanyekan dukungan penetapan Pahlawan Nasional dari Babel yang sudah diusulkan Pemerintah Provinsi,” katanya.

Satu diantara Peserta Olimpiade, Fredia dari MAN 1 Pangkalpinang, mengatakan dirinya mempersiapkan sebaik mungkin untuk mengikuti perlombaan ini.

“Berusaha memberikan yang terbaik, saya akan story telling tentang Depati Amir, jadi mengumpulkan bahan dan mempersiapkannya, dengan mengikuti kegiatan seperti ini pengetahuan dan kecintaan terhadap para pahlawan yang semakin besar,” katanya.

Para pemenang akan diundang ke provinsi untuk menerima hadiah saat peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2018.

Para pemenang mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan untuk juara 1 sebesar Rp 750 ribu, juara 2 sebesar Rp 500 ribu, juara 3 sebesar Rp 400 ribu dan juara harapan 1 sebesar Rp 350 ribu. Uang pembinaan ini akan ditransfer langsung ke rekening pemenang. (advertorial/o2)

Pemenang Olimpiade
Juara 1 SMAN 1 Manggar
Juara 2 SMAN 4 Pangkalpinang
Juara 3 SMKN 1 Pangkalpinang
Juara Harapan 1 SMAN 1 Pemali

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help