Asian Games 2018

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Setelah Sukses di Asian Games 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapan Indonesia menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032.

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Setelah Sukses di Asian Games 2018
Jokowi saat penyerahan medali emas ke Defia Rosmaniar di hari pertama Asian Games 

BANGKAPOS.COM  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapan Indonesia menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032.

Dilansir TribunWow.com dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, hal tersebut disampaikan Jokowi usai bertemu Ketua Komite Internasional Olimpiade (IOC) Thomas Bach dan Ketua Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018) siang.

Jokowi menyampaikan, Ketua IOC dan OCA sangat menghargai perhelatan Asian Games 2018 ini dari sisi partisipasi masyarakat dan sukarelawan.

Baca: Closing Ceremony Asian Games 2018 Bertabur Artis K-Pop, Panitia Angkat Bicara Soal Alasannya

Baca: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Lewat Jalur PCPM, Simak Persyaratan dan Posisi yang Dibuka

 “Bukan hanya hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan, beliau sangat menghargai partisipasi masyarakat, partisipasi volunteer yang dalam jumlah sangat besar juga bisa digerakkan dan diorganisasi,” kata Jokowi.

Jokowi melihat hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Indonesia.

Dengan pengalaman yang dimiliki dalam menyelenggarakan Asian Games 2018, Jokowi menyebut bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah perhelatan olahraga yang lebih besar.

“Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032,” ucap Jokowi.

Baca: Demi Uang Saku, Anak Wishnutama Kerja Part Time Jadi Tukang Masak di Jepang

Diwartakan Tribunnews.com, pelatih panahanan Indonesia Asian Games 2018, Frederick Rosandi menilai Indonesia layak menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Saya pikir Indonesia ke depannya bisa nyelenggarain olimpiade, tinggal nambah paling 30 persen aja. Ini kan event adiknya olimpiade," kata Frederick Rosandi.

Menurut Frederick, sejak dirinya terjun di dunia panahan, belum pernah ada penyelenggaraan pesta olahraga sebaik Asian Games 2018, khususnya untuk olahraga yang digelutinya.

"Indonesia ini luar biasa, penyelenggaraan Asian Games ini luar biasa. Belum ada sebagus ini, khususnya panahan yah, bahkan sekelas olimpiade pun. Dari mulai makannya, transportasinya, ini kita tadi dianter pake patwal, belom ada loh di dunia. Ini lapangan juga tendanya bagus banget," kata Frederick Rosandi di lapangan panahan kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018).

Senada dengan Frederick, Ketua INASGOC Erick Thohir juga meyakini bahwa Indonesia sudah pantas untuk menjadi tuan rumah event yang lebih besar dari Asian Games, yakni Olimpiade 2032.

"Kalau saya pikir sudah pantas Indonesia mendapatkan (tuan rumah) Olimpiade," kata Erick Thohir di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/8/2018), seperti yang dikutip dari Wartakota.com.

(TribunWow.com/ Ananda Putri Octaviani)

 
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved