Ini Penyebab Ribuan Anak-anak di Babar Mengalami Gizi Buruk

Orang tua kurang memperhatikan gizi anaknya, terutama mereka yang sibuk mencari uang, sehingga

Ini Penyebab Ribuan Anak-anak di Babar Mengalami Gizi Buruk
Bangkapos/Nordin
Kepala dinas kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Ahmad Syaifuddin 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Menurut kepala dinas kesehatan kabupaten Bangka Barat Ahmad Syaifuddin dari hasil penelusurannya terhadap keluarga penderita kekurangan gizi, ada beberapa penyebab hal ini bisa terjadi.

Diantaranya pola asuh yang kurang tepat, ekonomi hingga pernikahan dini.

Orang tua kurang memperhatikan gizi anaknya, terutama mereka yang sibuk mencari uang, sehingga asupan gizi anaknya tidak diperhatikan.

" Terutama yang ibu hamil, asupan gizinya kurang sehingga menyebabkan anak yang lahir menjadi kurang gizi. Ada juga di desa tertentu anak yang umur 14 tahun sudah minta nikah, penyebabnya bukan karena pergaulan bebas atau apa-apa tapi mereka sendiri yang ingin menikah," terangnya kepada bangkapos.com baru-baru ini.

Ahmad mengakui cukup sulit merubah pola hidup masyarakat apalagi mereka sudah terbiasa melakukannya, pihaknyapun memiliki strategi dalam mengatasi kekurangan gizi pada anak di wilayahnya.

Pertama adalah dengan melakukan bedah desaku, kemudian sekolah ibu sehat terpadu dan mensosialisasikan kartu jaminan kesehatan nasional (JKN).

" Kami juga akan menertibkan administrasi kependudukan, nantinya tidak ada lagi penduduk yang belum memiliki identitas kependudukan termasul kartu JKN ini," lanjutnya.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved