Kondisi Geografis Kabupaten Bangka Rawan Bencana

Kita semua sering mendengar bahwa dan menyaksikan banyak rumah penduduk dan pemukiman masyarakat

Kondisi Geografis Kabupaten Bangka Rawan Bencana
Bangkapos/Nurhayati
Kegiatan rapat paripurna, Sabtu (1/9/2018) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai Kabupaten Bangka sudah saatnya memiliki dan membentuk lembaga pemerintah non departemen dan juga sudah saatnya memiliki peraturan yang mengatur tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Hal ini dilakukan untuk melaksanakan tugas dalam penanggulangan bencana di daerah yang merupakan tanggung jawab pemerintah daerah sebagaimana diatur dalam Pasal 8 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Disampaikan M Fauzi, Juru bicara Fraksi PPP bahwa kondisi geografis Kabupaten Bangka termasuk daerah rawan bencana.

"Kita semua sering mendengar bahwa dan menyaksikan banyak rumah penduduk dan pemukiman masyarakat habis terbakar, rusak akibat banjir atau banjir bandang atau rusak akibat diterjang oleh badai atau angin topan,"kata Fauzi pada rapat paripurna, Sabtu (1/9/2018) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka.

Masyarakat di Kabupaten Bangka juga pernah mengalami susahnya untuk mencari air bersih di musim kemarau akibat terjadinya kekeringan.

Selain itu juga pernah menyaksikan betapa menderitanya masyarakat akibat dari wabah penyakit yang menimpa, terjadinya konflik sosial antar kelompok dan lebih serius dari berbagai peristiwa atau serangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat.

"Semua ini dapat kita artikan sebagai sebuah bencana yang menimpa," ungkap Fauzi.

Dalam mengatasi bencana yang menimpa tersebut pihaknya memberikan apresiasi terhadap semua unsur atau elemen yang telah mengambil perannya terhadap semua bencana yang telah terjadi baik berupa tenaga, logistik maupun finansial yang telah diberikan.

Namun dibalik itu diakui Fauzi, muncul pertanyaan apakah penanggulangan bencana yang telah dilakukan di Kabupaten Bangka sudah memberikan perlindungan kepada masyarakat baik dari ancaman bencana.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved