Pemilu 2019 Pemilih Wajib Bawa e-KTP

KPU Kabupaten Belitung mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengecek nama-nama mereka dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Pemilu 2019 Pemilih Wajib Bawa e-KTP
Ist
Anggota Divisi Data KPU Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - KPU Kabupaten Belitung mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengecek nama-nama mereka dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah diumumkan semenjak 28 Agustus ‎lalu.

Sebab, dalam proses pemungutan suara Pemilu 2019 setiap pemilih tidak diperkenankan membawa surat keterangan (Suket) tetapi wajib membawa KTP Elektronik.

"Jadi berbeda dengan Pilkada kemarin pemilih masih diperbolehkan memaki Suket. Kalau Pemilu nanti sudah wajib membawa e-KTP," ujar Divisi Data KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar saat ditemui posbelitung, Mingu (2/9/2018) lalu.

Ia menjelaskan, jika nama yang bersangkutan belum tercantum dalam DPT, maka segera menghubungi PPS atau langsung datang ke KPU Kabupaten Belitung.

Nanti, pihak berwenang akan mencari letak kesalahan seperti belum memiliki e-KTP, belum mengurus surat pindah, dan lainnya.

Kata Aris, jika belum mengurus e-KTP segera melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Jangan sampai hak suara anda hilang hanya gara-gara tidak mengurus e-KTP. Jadi kami mohon segera cek nama anda di DPT," katanya.

‎Menurutnya pasca pengumuman DPT, maka KPU Kabupaten Belitung akan melanjutkan pada proses Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb).

Oleh sebab itu, nama-nama yang belum tercantum dalam DPT kemungkinan akan dimasukkan ke DPTb yang akan ditetapkan Februari 2019 mendatang.

"Yang perlu diingat DPTb ini berbeda lagi dengan DPT khusus. Kalau DPTk ini diperuntukkan bagi pemilih yang pada saat hari pencoblosan menggunakan formulir model A5," jelasnya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help