Dindikbud Belitung Akan Susun PPKD

Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung akan melakukan penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Dindikbud Belitung Akan Susun PPKD
Bangka Pos/ Adelina Nurmalitasari
Kasi Sejarah dan Nilai Tradisi dan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung akan melakukan penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

Penyusunan ini dilakukan sebagai syarat pencairan dana alokasi khusus (DAK) kebudayaan yang rencananya akan dipisahkan dari alokasi dana pendidikan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Rencana pemisahan DAK kebudayaan ini memang benar adanya. Dana ini direncanakan tahun depan (2019) tapi memang ada satu persyaratan dari kementerian berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan syarat mendapatkan DAK kebudayaan harus mempunyai PPKD," kata Kasi Sejarah dan Nilai Tradisi Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Alwan pada Senin (3/9/2018).

Sosialisasi terkait PPKD dan memasukkan data pun sudah dilakukan pada Juni lalu di Pangkalpinang.

Namun penyusunannya memang masih mengalami kendala anggaran.

"Anggaran induk belum ada untuk tim penyusun PPKD, memang tidak mungkin dianggarkan karena rencana ini baru masuk di Juni," imbuhnya.

Dirjen kebudayaan mengharuskan setiap daerah menyiapkan anggaran pendanaan penyusunan PPKD, kini proses penyusunan PPKD ini terus dijalankan melalui anggaran perubahan yang dapat digunakan pada triwulan 4 2018.

"Saat ini kami dari Dindikbud selaku organisasi perangkat daerah (OPD) yang mempunyai kewajiban telah membuat SK Bupati sudah disampaikan ke bagian hukum semoga dalam awal Minggu sudah keluar mengenai tim penyusun PPKD," jelasnya.(*)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved