Gubernur Babel Minta ASN, MUI, hingga Dewan Masjid Bantu Sosialisasi Vaksin MR

Menurut Erzaldi, persoalan vaksin MR terletak pada belum optimalnya sosialisasi ke masyarakat.

Gubernur Babel Minta ASN, MUI, hingga Dewan Masjid Bantu Sosialisasi Vaksin MR
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Suasana upacara yang diikuti ratusan ASN Pemprov Babel, Senin (3/9/2018). Pada upacara ini, Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan meminta ASN Babel ikut mensosialisasikan vaksin MR 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Babel membantu mensosialisasikan pentingnya vaksin Measles Rubella (MR).

Hal ini ia sampaikan sewaktu menjadi pembina upacara yang diikuti ratusan ASN, ‎Senin (3/9/2018) di halaman Kantor Gubernur.‎

Kepada Bangka Pos, Erzaldi mengatakan, ia juga akan meminta para orangtua yang menolak vaksin MR dapat dikumpulkan guna mendapatkan sosialisasi dari Majelis Ulama Indonsia (MUI) dan dewan masjid.

"Dialog dengan orangtua ini yang akan kami lakukan, melalui MUI," ucap Erzaldi

Dia menyebutkan, secara nasional, cakupan vaksin MR di Babel pada tahun ini menjadi satu di antara daerah dengan cakupan terendah. Angkanya berada di kisaran 18 persen, sementara di daerah lain ada yang sudah mencapai 60-an persen.

"Tertingi 60 persen, tapi rata-rata nasional 39 dan 38 persen. Ini masih jauh. Bagi saya, kalau masih rendah juga, berarti masyarakat belum paham," katanya.

Menurut Erzaldi, persoalan vaksin MR terletak pada belum optimalnya sosialisasi ke masyarakat. Dia maklum jika masyarakat meributkan soal halal-haram-nya vaksin MR.

Tetapi, kata dia, MUI sendiri sudah membolehkan vaksin MR karena kondisi keterpaksaan.

"Karena kondisi terpaksa, ini bisa dipakai. Belum ada penggantinya, kita harus tahu bahwa campak dan Rubella ini sangat berbahaya. Kalau tidak ada imunisasi, ini bisa menjadi wabah. Ini yang bikin kami khawatir, jangan main-main," kata Erzaldi.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help