Seorang Guide Harus Kantongi Sertifikat Uji Komptensi

Seorang guide bukan hanya sekedar memberikan informasi tapi justru memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan.

Seorang Guide Harus Kantongi Sertifikat Uji Komptensi
Bangka Pos / Dede Suhendar
Jajaran assesor dan panitia ‎sertifikasi uji kompetensi sektor pariwisata bidang kepemanduan wisata di Hotel Bahamas, Senin (3/9/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Humas DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Babel Riviani membuka secara langsung sertifikasi uji kompetensi sektor pariwisata bidang kepemanduan wisata di Hotel Bahamas, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Senin (3/9/2018).

Menurutnya pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama LSP Pramindo‎ dan Asdep Pengembangan SDM Pariwisata Hubungan Antar Lembaga, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kepariwisataan Kemenpar dengan DPD dan DPC HPI Belitung‎ itu diperuntukkan khusus guide city tour.

‎"Sertifikasi ini harus dipenuhi oleh pemandu wisatawan sebagai bentuk kompetensi di bidang tersebut‎. Saya ucapkan selamat berjuang semoga lulus semua," ujar Riviani didampingi Ketua DPC HPI Erling Rinanto.

Ia mengatakan semenjak 2015, sudah 273 guide lokal yang bersertifikasi tapi hanya 50 orang yang tergabung dalam HPI.

Menurutnya, sertifikasi tersebut hanya berlaku sekitar tiga tahun dan harus diperpanjang kembali.

"Ibarat kendaraan itu pengemudinya harus punya SIM, begitu juga guide ini. Jadi semuanya jelas sesuai dengan standar kinerjanya," katanya.

Menurutnya seorang guide bukan hanya sekedar memberikan informasi tapi justru memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan.

Spesifik yang dimaksud misalnya kearifan lokal yang tidak bisa diakses di internet.

"Misalnya di destinasi rimba alam, wisatawan harus berpakaian sopan dan dilarang merokok. Itu harus disampaikan pemandu secara spesifik karena informasi itu tidak bisa diakses di internet," katanya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved