Kaya Sumber Daya Alam Alasan Bangka Selatan Dilirik Batan

Kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) menjadi salah satu alasan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) melirik Kabupaten Bangka Selatan.

Kaya Sumber Daya Alam Alasan Bangka Selatan Dilirik Batan
Suasana Pantai Batu Kodok, salah satu destinasi wisatawan lokal maupun luar daerah yang terletak di Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (6/12/2015). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM  -- Kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) menjadi salah satu alasan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) melirik Kabupaten Bangka Selatan. Ini dibuktikan dengan adanya wacana pembangunan  Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di desa Sebagin, Kabupaten Bangka Selatan sejak beberapa tahun silam.

Deputi Pendayagunaan Teknologi Nuklir Batan Hendrik menyebut Bangka Selatan mempunyai SDA yang tak kalah dengan daerah-daerah maju dan berkembang lainnya. Selain sektor industri, ada beberapa aplikasi yang sudah diterapkan pihaknya di Pulau Bangka.

Selain itu, kedepan pihaknya juga berencana menawarkan sektor di bidang kesehatan, satu diantara temuan yang bisa membuat nyamuk Demam Berdarah (DBD) betina mandul.

"Basel ini SDA nya cukup besar ya, kami rasa tidak kalah dengan daerah berkembang lainnya. Makanya wacana PLTN kami bangun di Basel persisnya di Sebagin dan Babar di Muntok. Makanya nanti kami tawarkan aplikasi seperti yang di Bateng kemarin masalah penyakit kuning pada lada. Untuk di Basel rencananya kami tawarkan aplikasi pemandulan nyamuk DBD betina. Jadi dengan suntikan teknologi nuklir seberapa mili saja, nyamuk betina akan mandul," kata Hendrik kepada wartawan, Senin (3/9/2018) kemarin.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved