Home »

Lokal

» Bangka

Pemkab Bangka Siapkan Pelayanan Penataan Ruang Berbasis IT

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DINPUPRP) Kabupaten Bangka sedang menyiapkan sistem pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT).

Pemkab Bangka Siapkan Pelayanan Penataan Ruang Berbasis IT
(ist/dinkominfotik kabupaten bangka)
Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang DINPURP Kabupaten Bangka, Insyira Subagia 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pemkab Bangka melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DINPUPRP) Kabupaten Bangka sedang menyiapkan sistem pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT).

Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang penataan ruang.

"Semakin tahun semakin meningkatnya pembangunan di daerah, sedangkan penataan ruang belum mendapatkan perhatian yang lebih sebagai dasar instrumen dasar  program pembangunan daerah, untuk itu kita akan luncurkan sistem pelayanan kepada masyarakat dengan mengunakan sistem IT dengan sebuah aplikasi khusus," jelas Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang DINPURP Kabupaten Bangka, Insyira Subagia, Selasa (4/9/2018) melalui rilis yang dikirimkan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bangka.

Oleh karena itu pihaknya menargetkan pembuatan aplikasi tersebut sudah selesai pada September tahun ini.

"Kita akan membuat sebuah aplikasi, target kita September ini selesai, untuk penggunaannya awal tahun 2019," jelas Insyira.

Untuk mekanisme dari cara kerja aplikasi itu, setiap usulan dari masyarakat yang masuk secara manual akan ditindak lanjuti dengan menggunakan aplikasi tersebut dimanapun berada.

"Kita buat program percepatan pelayanan dalam penataan ruang daerah di Kabupaten Bangka yang efektif dan efisien," kata Insyira.

Mekanismenya, masyarakat bisa mengajukan izin pembangunan ke DINPURP tetap manual lalu pihaknya koordinasikan dengan sekda menggunakan aplikasi tersebut, setelah dari  sekda nanti akan ada admin ke pihaknya, selanjutnya disampaikan ke seluruh kepala OPD.

"Kemudian dari setiap usulan yang masuk kita usulkan kedalam rapat TKPRD melalui aplikasi yang mana nanti pak sekda dan seluruh kepala OPD akan melihat apa saja usul diajukan, kemudian hasil rapat kita buat berita acaranya yang dikirim ke pak sekda lewat aplikasi tersebut. Kemudian hasilnya kita akan langsung berikan kepada masyarakat yang mengusulkan pengajuan terkait penataan ruang ini,"jelasnya.

Ia berharap kedepan agar keterlibatan semua pihak mampu mensukseskan program demi membawa Kabupaten Bangka lebih baik dalam sistem penataan ruang.

"Harapannya agar semua pihak berkerja sama dalam pemanfaatan program ini sehingga membawa Kabupaten Bangka lebih baik lagi karena penataan ruang ini merupakan panglima di dalam pelaksanaan pembangunan di daerah," kata Insyira.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help