13 Perusahaan Berburu Lulusan SMK di Job Matching

Pihak SMKN 1 Sungailiat menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk memasarkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

13 Perusahaan Berburu Lulusan SMK di Job Matching
Bangka Pos / Nurhayati
Para siswa-siswi SMKN 1 Sungailiat mengelar bazar pada kegiatan job matching, Rabu (5/9/2018) di Halaman SMKN 1 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pihak SMKN 1 Sungailiat menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk memasarkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bangka, Rabu (5/9/2018) melalui kegiatan Job Matching 2018.

Untuk itu pihak perusahaan bisa mendapatkan pekerja sesuai kompetensi yang dibutuhkan melalui event job matching tersebut.

Diakui Kepala SMKN 1 Sungailiat Harsiah pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan baik berskala nasional, multi nasional maupun perusahaan lokal yang beroperasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kriteria dari job matching ini kerjasama minimal dengan 20 perusahaan dimana kita telah bekerjasama dengan 62 perusahaan baik di bidang industri maupun dunia usaha. Untuk hari ini ada 13 perusahaan yang datang.

Kami berharap bisa memenuhi target yang dikehendaki," kata Harsiah.

Pihaknya sudah menghimpun data para lulusan SMK dan data lowongan kerja sehingga bisa mempertemukan para lulusan SMK dengan pihak perusahaan.

Disampaikan Bagian Penyelesaian Kejuruan dan Kerjasana Industri Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud Republik Indonesia Hasanudin tujuan utama job matching agar para lulusan SMK bisa terserap ke dunia kerja.

Oleh karena itulah Kemendikbud RI mengelar job matching setiap tahun guna mempertemukan siswa dan lulusan SMK dengan dunia industri dimana tujuan akhirnya pihak perusahaan bisa langsung merekrut siswa atau alumni SMK.

"Dari 13.000 SMK di Indonesia yang mengajukan job matching hanya ada 50 SMK dimana SMKN 1 Sungailiat satu diantara SMK yang mendapat program pemasaran lulusan SMK di job matching ini," ungkap Hasanudin.

Untuk itulah pada tahun 2018 ini pihak Direktorat Pembinaan SMK memberikan dukungan bantuan dari pemerintah untuk pemasaran lulusan SMK kepada 50 SMK terpilih.

Diharapkan penyelenggaraan job matching di SMKN 1 Sungailiat ini akan terjadi percepatan kesempatan kerja dan mengurangi angka pengangguran di daerah.

"Acara ini mempertemukan lulusan SMK dengan dunia usaha dan industri untuk mewujudkan SMK yang berdaya dan berkualitas. Kami berharap kerjasama yang dilakukan SMK dengan pihak perusahan tidak hanya merekrutmen tenaga kerja tetapi bidang lain seperti praktek kerja industri, standarisasi dan sertifikasi," kata Hasanudin.

Kegiatan job matching ini dihadiri, Bupati Bangka yang diwakili Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto, Kepala Dinas Pendidikan Babel M Soleh, Kepala Finas Tenaga Kerja Babel diwakili Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Babel Rolli Dwi Candra, para pihak perusahaan, para Kepala SMK dan para alumni SMK di Kabupaten Bangka.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved