Pembukaan Tes CPNS Kota Pangkalpinang 2018: Jumlah Kuota yang Diterima & Lokasi Tes

Kota Pangkalpinang dipastikan akan membuka rekrutmen CPNS pada tahun ini.

Pembukaan Tes CPNS Kota Pangkalpinang 2018: Jumlah Kuota yang Diterima & Lokasi Tes
Tribun Kaltim
Ilustrasi 

Lapo‎ran Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM --‎ Kota Pangkalpinang dipastikan akan membuka rekrutmen CPNS pada tahun ini. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pangkalpinang Agung Yubi Utama menyatakan bahwa informasi detail mengenai kuota formasi masih di dalam amplop tersegel yang ditujukan kepada Wali Kota Pangkalpinang.

Plt. Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian direncanakan baru bisa menyampaikan ini pada Senin (10/9/2018) nanti.‎ Tahun ini Pemkot Pangkalpinang mengajukan kuota 402 CPNS yang terdiri dari 136 tenaga pendidik, 180 tenaga kesehatan, 21 untuk bidang infrastruktur, dan 71 orang di bidang lainnya.

"Formasi sudah dapat. Tetapi masih di amplop rahasia. Wali Kota yang akan buka, tunggu Senin nanti," kata Agung dihubungi Bangka Pos, Jumat (7/9/2018) pagi. Saat dihubungi, Agung masih berada di Jakarta setelah menghadiri rapat koordinasi nasional penetapan formasi CPNS.

Agung mengatakan, tes CPNS Pangkalpinang akan dilakukan dengan meminjam tempat pada Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Pangkalpinang, belum memiliki tempat yang representatif untuk tempat pelaksanaan Computer Asissted Test (CAT) CPNS 2018.

Ada syarat BKN pusat mengenai standar ruang sehingga pihaknya memutuskan lebih baik melaksanakan tes dengan meminjam tempat di Pemprov Babel.

"Yang melaksanakan Kota Pangkalpinang. Kami tidak ada ruangan yang representatif. Komputernya juga semuanya akan disiapkan BKN semua. Tidak tahu kalau daerah lain, tapi Pangkalpinang sudah diputuskan, tes-nya akan dilakukan di provinsi," kata Agung.

Diestimasikan Akan Diikuti 4.000 Orang

Agung menyatakan, pihaknya memperkirakan setidaknya akan ada 4000 orang yang akan mendaftar CPNS Kota Pangkalpinang pada tahun ini. ‎Perkiraan ini ditaksir berdasarkan jumlah pendaftar pada penerimaan CPNS sebelumnya yang berjumlah sekitar 3000-an pendaftar.

"Estimasi itu kami buat karena penerimaan sebelumnya untuk Pangkalpinang, ada 3000-an yang daftar. Saat itu ada formasi SMA, sekarang tidak ada. Kemudian satu orang tidak boleh mendaftar di dua instansi. Jadi perkiraan bisa di bawah 4000 orang," tutur Agung.

Dia merinci, jika kompter yang disiapkan BKN di Pemprov Babel sebanyak 80 unit, dengan lama tes per sesi satu setengah jam, maka tes untuk 4000 pendaftar akan berlangsung setidaknya selama 10 hari.

"Kata BKN, komputer yang disiapkan kan ada 80. Tes itu satu setengah jam, dengan sekali masuk 80 orang. Dalam sehari, perkiraan kami bisa lima sesi. Satu hari itu berarti bisa 400 orang, jadi kalau perkiraannya 4000 orang, tes akan berlangsung selama 10 hari," beber dia.

Rencananya, penerimaan CPNS akan diumumkan pada ‎20-21 September 2018. ‎Tes akan dilakukan pada Oktober, dilanjutkan dengan pengumuman peserta yang lulus direncanakan pada Desember.

"Diangkat setelah diterima itu Januari 2019, akhir Februari 2019 paling lambat itu sudah dapat SK," kata Agung. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help