Home »

Video

Video

Hutan Lindung Belinyu Dibabat Tambang, Ada yang Gunakan Alat Berat

Hutan lindung (HL) dan hutan produksi (HP) di kawasan Dusun Lubuk Lesung Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Bangka, porak-poranda.

Hutan Lindung Belinyu Dibabat Tambang, Ada yang Gunakan Alat Berat
Capture Youtube
Hutan Lindung Belinyu Dibabat Tambang Ilegal Ada yang Gunakan Alat Berat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Hutan lindung (HL) dan hutan produksi (HP) di kawasan Dusun Lubuk Lesung Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Bangka, porak-poranda.

Penambangan timah liar menggunakan alat berat  tetap marak di kawasan ini.

Padahal pihak PT Inhutani, KPHP sudah berkali-kali memberi peringatan agar pengusaha tambang tak merambah kawasan tersebut.

Pantauan Bangka Pos Groups di lapangan, Rabu (12/9/2018) petang terlihat sedikitnya alat berat  berada di lokasi tambang. Dua di antara alat berat sedang menggaruk tanah di lubang tambang (camui) dan satu di antaranya sedang berada di darat sisi tambang dalam keadaan sedang diperbaiki.

Sejumlah warga menyebut, aktifitas tambang timah di kawasan hutan terlarang Dusun Lubuk Lesung sudah ada sejak dulu.

Lubang besar menganga akibat penambangan ini membuat ekosistem hutan menjadi rusak. Parahnya lagi, pengusaha tambang di kawasan itu seolah 'kebal hukum'.

"Di lokasi ini banyak pengusaha menggunakan alat berat menambang timah. Lubang-lubang besar menganga akibat ulah mereka. Hutan pun rusak karena tambang liar. Pengusaha yang menambang sudah sejak dulu menambang di di kawasan hutan terlarang," kata warga memberi informasi kepada Bangka Pos Groups, Rabu (12/9/2018).

Satu di antara pengusaha tambang yang dimaksud, AFT sempat dikonfirmasi Bangka Pos Groups, Rabu (12/9/2018) petang. Kepada wartawan, AFT mengakui, dia merupakan satu di antara pengusaha pemilik tambang di kawasan yang dimaksud. AFT tak menyangkal, selama ini menggali lubang tambang menggunakan alat berat jenis excavator.

"Memang betul saya punya tambang dan alat berat di lokasi itu (Lubuk Lesung). Saya beli kok lokasinya dari warga. Namun bukan saya saja yang menambang di lokasi ini (Lubuk Lesung), tapi ada penambang lainnya yang juga beroperasi," kata AFT.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help