Kondisi Cuaca Ekstrem, Hasil Tangkapan Nelayan Agustus Lalu Menurun

Berdasarkan hasil data Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat pada Agustus 2018 hasil tangkapan ikan nelayan menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

Kondisi Cuaca Ekstrem, Hasil Tangkapan Nelayan Agustus Lalu Menurun
Istimewa
Aktivitas pendaratan ikan di PPN Sungailiat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM -- Berdasarkan hasil data Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat pada Agustus 2018 hasil tangkapan ikan nelayan menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

Hasil tangkapan ikan dari nelayan pada bulan Agustus hanya sebesar 231.428 kilogram dari berbagai jenis alat tangkap dan kapasitas kapal.

Volume hasil tangkapan ikan tersebut lebih rendah dibandingkan pada volume bulan Juli 2018 yang mencapai 391.284 kilogram.

Diakui Kasi Operasional Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, Purwanti menurunnya volume penangkapan ikan pada bulan Agustus dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kondisi cuaca yang ekstrem.

Aktivitas pendaratan ikan di PPN Sungailiat
Aktivitas pendaratan ikan di PPN Sungailiat (Istimewa)

Kondisi ini bisa membahayakan nelayan sehingga banyak nelayan yang lebih memilih tidak melaut apalagi saat Hari Raya Idul Adha.

Sementara pada bulan September 2018, pihaknya menargetkan produksi hasil penangkapan nelayan mencapai 440.000 kilogram.

"Kami optimis target capaian produksi penangkapan ikan tercapai sesuai harapan," jelas Purwanti saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (12/9/2018) di PPN Sungailiat.

Menurutnya target produksi bisa tercapai karena kondisi cuaca pada bulan September 2018 ini cukup mendukung bagi nelayan untuk melaut mencari ikan.

Sedangkan berdasarkan data jumlah kapal penangkapan ikan yang aktif melakukan bongkar ikan di PPN Sungailiat sekitar 500 unit dengan berbagai jenis alat tangkap dan kapasitas kapal.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved