Lapor LHKPN, Pencegahan Dini Tindakan Korupsi

Pelaporan LHKPN merupakan bentuk pencegahan dini terhadap tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Lapor LHKPN, Pencegahan Dini Tindakan Korupsi
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Ketua Tim Sosialisasi Bimtek E-Teknis Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK, Jeji Azizi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM -- Ketua Tim Sosialisasi Bimtek E-Teknis Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK, Jeji Azizi mengatakan pelaporan LHKPN merupakan bentuk pencegahan dini terhadap tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). 

"LHKPN ini ranahnya pencegahan, tapi apa boleh buat masih banyak yang tidak tepat waktu. Sehingga mungkin beberapa instansi daerah menerapkan sanksi ini kembali ke masing-masing daerah," kata Jeji saat memberikan bimbingan teknis E-LHKPN di ruangan CAT lantai 4 Kantor Gubernur Babel, Rabu (12/9/2018).

Ia menyebutkan, karena sifatnya pencegahan maka sangat menuntut setiap personal untuk menyampaikan secara transparan dan atas dasar kesadaran pribadi.

"Kalau masih ada sanksi berarti kami kurang sosialisasi, karena LHKPN ini harusnya kesadaran pribadi untuk melaporkan atas jabatan yang diembannya. Mekanisme pelaporan LHKPN bukan suatu yang baru," katanya.

Ia juga menekankan, esensi dari pelaporan LHKP bukan hanya kepatuhan saja, tetapi juga kualitas pelaporan.

"KPK bukan hanya saja menyasar kepatuhan tetapi juga dari kualitas pelaporan. Kita selain mensosialisasikan juga meminta laporlah harta sesuai apa yang dimiliki, sehingga pemeriksaan LHKPN itulah yang akan di declare, karena tim kami akan melakukan verifikasi," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help