RSBT Pangkalpinang Gelar Seminar Edukasi Ante Natal Care

Pencegahan dan evaluasi penting kita lakukan, agar tidak terjadi resiko bagi ibu hamil dan calon bayi yang dikandungnya

RSBT Pangkalpinang Gelar Seminar Edukasi Ante Natal Care
Bangkapos/irakurniati
seminar edukasi Ante Natal Care (ANC), yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang, Rabu (12/9/2018). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ratusan peserta yang didominasi oleh perempuan, hadir mengikuti seminar edukasi Ante Natal Care (ANC), yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang, Rabu (12/9/2018).

Acara yang digelar di gedung graha timah Pangkalpinang ini, membahas mengenai kelahiran. Baik itu sebelum masa kehamilan, hamil dan setelah melahirkan untuk memberikan pemahaman kepada ratusan peserta.

Kepala dinas kesehatan Provinsi Bangka belitung, Mulyono Susanto menuturkan upaya promotif dan preventif atau pencegahan merupakan salah satu pilar kesehatan yang dicanangkan oleh kementerian kesehatan. Dengan adanya seminar edukasi ANC.

Ia berharap dapat memberikan pemahaman dan membuka wawasan masyarakat, mengenai upaya pencegahan. Agar tidak terjadi resiko pada ibu hamil.

"Pencegahan dan evaluasi penting kita lakukan, agar tidak terjadi resiko bagi ibu hamil dan calon bayi yang dikandungnya. Memang secara nasional angka kematian ibu hamil disini rendah, cuma di indonesia angka kematian ibu hamil masih cukup tinggi. Kita bantu program pemerintah menurunkan angka kematian ibu hamil melalui upaya pencegahan dan memberikan edukasi ANC." ujar Mulyono yang turut menghadiri seminar, Rabu (12/9/2018).

Dirinya berharap, pemahaman dan wawasan yang diterima oleh peserta tak hanya sebatas dalam seminar ini. Namun juga bisa diterapkan di lingkungan masyarakat, agar dapat menjadi duta pendamping bagi ibu hamil yang mengerti mengenai kepedulian dan kandungan gizinya.

Sebab menurutnya, kandungan gizi untuk ibu hamil perlu diperhatikan. Tak hanya asupan gizi, namun secara keseluruhan.

Baik itu jika mengalami keluhan pada gigi, mulut atau lainnya. Pada ibu hamil juga harus diperhatikan psikis nya agar perasaan yang dirasa oleh orang yang sedang mengandung itu, selalu menggambarkan kebahagiaan.

Direktur RSBT Pangkalpinang, Sufiyati, menuturkan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan program pemerintah untuk menurunkan kematian ibu hamil dan bayi yang dikandung.

"dengan memberikan seminar ini agar setelahnya masyarakat dapat paham dan teredukasi." kata Sufiyati

"Seminar ANC ini juga sebagai bentuk mendukung program agar menurunnya angka kematian ibu hamil dan anak." tutupnya.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved