Home »

Lokal

» Bangka

SDA Sudah Terbatas, Pemkab Bangka Andalkan Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten Bangka perlu mengembangkan sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan sumber daya alam sudah terbatas khususnya komoditas timah

SDA Sudah Terbatas, Pemkab Bangka Andalkan Sektor Pariwisata
(ist/rilis humas dan protokol setda bangka)
Kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Rabu (12/9/2018) yang digelar oleh Badan Pengawasan Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Bangka Belitung. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pemerintah Kabupaten Bangka perlu mengembangkan sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan sumber daya alam sudah terbatas khususnya komoditas timah yang selama ini menjadi mata pencaharian utama masyarakat Bangka. Selain itu kerusakan alam akibat ekplorasi pertambangan sudah cukup parah.

Hal ini disampaikan Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika memaparkan mengenai Strategi Pembangunan Nasional Dalam RPJMN dan arah kebijakan dan strategi RPJMN Tahun 2015-2019, serta kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Lintas Timur, Rabu (12/9/2018) di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Babel.

"Selain sektor pertanian yang sudah cukup baik dikembangkan perlu adanya percepatan pertumbuhan ekonomi dari sektor ekonomi lainnya. Tidak ada pilihan lain dalam pengembangan ekonomi di Kabupaten Bangka yaitu salah satunya dengan mengembangkan pariwisata yang potensinya sudah di miliki oleh Kabupaten Bangka," jelas Tarmizi melalui rilis yang dikirimkan Humas dan Protokol Setda Bangka kepada bangkapos.com.

Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan daya tarik daerah tujuan wisata sehingga berdaya saing di dalam negeri dan di luar negeri.

Pemaparan pariwisata nasional diarahkan untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara dan mendorong peningkatan wisata nusantara.

"Selain itu industri pariwisata juga harus diarahkan untuk meningkatkan partisipasi usaha lokal dalam industri pariwisata nasional serta meningkatkan keragaman dan daya saing produk/jasa pariwisata nasional di setiap destinasi periwisata yang menjadi fokus," kata Tarmizi.

Selain itu, kelembagaan pariwisata yang diarahkan untuk membangun sumber daya manusia pariwisata serta organisasi kepariwisataan nasional.

Disampaikannya bahwa visi dari dinas pariwisata, pemuda dan olahraga Kabupaten Bangka adalah terwujudnya pariwisata Kabupaten Bangka yang berdaya saing dan berbasis masyarakat melalui pemanfaatan potensi alam serta pemuda yang berkarakter dan insan olahraga yang berprestasi dalam rangka menunjang bangsa yang bermartabat.

Sedangkan misinya adalah mewujudkan pariwisata Kabupaten Bangka yang berdaya saing dan berbasis masyarakat.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pembangunan Sektor Kepariwisataan pada Pemerintah Daerah di Provinsi bangka Belitung digelar oleh Badan Pengawasan Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Bangka Belitung .

FGD ini dibuka oleh wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah.

Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk membekali pengetahuan dan pemahaman yang cukup kepada seluruh tim pemeriksa mengenai proses bisnis terkait perencanaan, penganggaran dan tata kelola pembangunan sektor pariwisata pada pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta sebagai sarana koordinasi persiapan pemeriksaan pendahuluan.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help