Cakupan Imunisasi MR di Bangka Belitung Hanya 27,7 Persen

Jika target kekebalan komunitas tidak mencapai 95 persen,berpotensi menyebabkan Kejadian Luar Biasa Rubella di Babel.

Cakupan Imunisasi MR di Bangka Belitung Hanya 27,7 Persen
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM --  Kepala dinas kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan cakupan imunisasi Measles Rubella (MR) hingga 12 September baru mencapai 27,70 persen.

Imunisasi MR ini seyogyanya akan dilaksanakan hingga akhir September ini ditargetkan mencapai 95 persen.

"Cakupan kita masih cukup rendah 27,7 persen. Saya tidak terlalu optimis, tapi kami akan berusaha untuk mencapai itu, ini komitmen kita bersama," kata Mulyono, Kamis (13/9/2018).

Jika target kekebalan komunitas tidak mencapai 95 persen, maka ini akan berpotensi menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Rubella di Babel.

"Kalau tidak tercapai kekebalan komunitas itu potensi KLB, yang diharapkan pemerintah kan 95 persen," katanya.

Ia menyebutkan berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan cakupan imunisasi, bahkan pihaknya menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel, Dewan Masjid, dan berbagai stakeholder terkait untuk meningkatkan cakupan imunisasi ini.

"Arahan pak Gubernur itulah yang kita lakukan melibatkan ustaz dan ustazah untuk sosialisasi.. Kita sudah pertemuan dengan kabupaten/kota dan Bupati Walikota sudah komitmen untuk, tinggal pelaksanaan," katanya.

Menurutnya ada beberapa kendala yang ditemui dilapangan lantaran vaksin yang sebelumnya sempat menuia pro dan kontra. Namun, pihaknya tak mau menyerah dan mengajak masyarakat untuk melaksanakan ini sebagai bentuk pencegahan.

'Kendala di lapangan memang perlu penjelasan yang lebih detail, karena itu kita berjalan bersama MUI dan kita mengajak masyarakat untuk imunisasi," tambahnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved