Desa Jebus Perkuat Sumber Daya Manusia

Desa Jebus merupakan sentral perekonomian di Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

Desa Jebus Perkuat Sumber Daya Manusia
Istimewa
Kepala Desa Jebus bersama perangkat desanya. 

BANGKAPOS.COM - Desa Jebus merupakan sentral perekonomian di Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Hal ini dikarenakan letak desa ini berada di tengah wilayah administrasi dari Kecamatan Jebus.

Mayoritas dari warga Desa Jebus berprofesi sebagai wirausaha, petani dan pegawai pemerintahan.

Dalam upayanya mempertegas status sebagai desa maju, Kepala Desa Jebus, Hendry bersama-sama dengan pihak pemerintah desa mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang pada bulan Oktober ini akan mulai beroperasi.

Bidang-bidang usaha dalam BUMDes tersebut meliputi penginapan, kios-kios tempat usaha yang menyediakan keperluan alat tulis kantor, galeri barang-barang kerajinan tangan dan jasa simpan pinjam.

“Saat ini kami sedang berupaya meningkatkan perekonomian di desa ini ke level yang baik lagi. Dengan adanya berbagai usaha-usaha nantinya akan menyediakan lapangan pekerjaan kepada warga masyarakat di sini.

Seperti contohnya penginapan, di Kecamatan Jebus ini banyak sekali objek-objek wisata yang potensial tapi tidak tersedia penginapan yang mumpuni. Hal tersebut menjadi kendala para wisatawan berlama-lama menikmati pesona keindahan alam di desa-desa yang ada di Kecamatan Jebus ini.

Maka dari itu kami berinisiatif membangun tempat-tempat penginapan yang nantinya akan menjadi lokasi tinggal para wisatawan luar desa yang berkunjung ke Kecamatan Jebus ini,” ungkapnya.

Pemerintah Desa Jebus sendiri juga memiliki upaya menghidupkan sektor pertanian yang pada tahun 2017 lalu sudah dilakukan dan letaknya berada di Kampung Mendaru, Dusun Kampak.

“Pada tahun kemarin kami sudah melakukan ujicoba penanaman padi sawah dan Alhamdulillah sudah merasakan panen awalnya.

Namun akibat kendala pada saat hujan deras sawah tersebut jadinya terendam, maka dari itu saat ini kami sedang menyusun strategi untuk kembali menjalankan sawah itu kembali sehingga Desa Jebus juga menjadi penghasil beras di Kabupaten Bangka Barat ini.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved