Home »

Lokal

» Bangka

Sejumlah Penambang Ketakutan, Tim Pusat Akan Turun, Seorang Bos Tambang Diduga Sudah Diamankan

Sejumlah penambang yang beroperasi di di Hutan Lindung Simping Belinyu resah.

Sejumlah Penambang Ketakutan, Tim Pusat Akan Turun, Seorang Bos Tambang Diduga Sudah Diamankan
Capture Youtube
Hutan Lindung Belinyu Dibabat Tambang Ilegal Ada yang Gunakan Alat Berat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA---Sejumlah penambang yang beroperasi di Di Hutan Lindung Simping Belinyu resah.

Pasalnya informasi akan ada tim dari pusat yang akan turun melakukan razia. Bahkan disebut-sebut satu pengusaha tambang IKB sudah diamankan.

Informasi diungkapkan oleh YS (45) yang juga pengusaha tambang.

"Ayuk denger dari orang-orang tambang, bahwa IKB (inisial ppngusaha tambang) yang di hutan lindung Simping itu ketangkap ya kemarin (beberapa hari lalu) dan pengurusnya pun tadi di BAP (periksa polisi). Tapi kok nggak ada beritanya ya? Biasanya kalau tambang punya orang lain yang ketangkap cepat masuk di berita," kata YS (45), yang juga sesama penambang timah di Belinyu.

Pernyataan ini diutarakan YS ke Bangka Pos Groups karena ia merasa diperlakukan tak adil karena lokasi tambangnya yang juga berada di hutan terlarang diekspose wartawan, sedangkan berita IKB ditangkap seolah dibungkam.

Mengenai informasi YS, Bangkapos.com mencoba menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan mengecek langsung ke Polres Bangka.

Namun Saat dikonfirmasi Kabag Ops Polres Bangka, Sophian belum bisa memberikan jawaban pasti lantaran hasru terlebih dahulu melakukan pengecekan di bagian satreksrim.

" Saya cek dulu mas," ucapnya kepada wartawan.

Sementara itu, informasi yang didapat menyebutkan sejumlah pengusaha tambang ilegal di kawasan hutan produksi dan hutan lindung di Belinyu, tiarap. Mereka tiba-tiba angkat mesin dan alat berat, sejak dua hari terakhir.

Diduga para penambang ilegal, khususnya skala besar "mencium' gelagat buruk, adanya tim pusat yang bakal turun lagi menegakan hukum perambahan hutan.

"Apalagi kemarin ada helikopter masuk Belinyu, penambang di kawasan hutan terlarang agak was-was," tambah sebuah sumber kepada bangkapos.com.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help