Siapkan SDM Untuk KEK Pariwisata, Bupati Jalin Kerjasama Dengan SMKN 1 Sungailiat

Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangka perlu mengembangkan pariwisata yang berkelas dunia

Siapkan SDM Untuk KEK Pariwisata, Bupati Jalin Kerjasama Dengan SMKN 1 Sungailiat
Bangka Pos / Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika memaparkan Kawasan Ekonomi Khusus keoada para siswa-siswi SMKN 1 Sungailiat, Jumat (14/9/2018) di Ruang Pertemuan SMKN 1 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangka perlu mengembangkan pariwisata yang berkelas dunia. Pasalnya sulit jika Kabupaten Bangka masih mengandalka sektor pertambangan timah yang potensinya kian menipis.

Untuk itu menurutnya dengan mengembangkan sektor pariwisata ini perlu menumbuhkan Dewi-Dewi baru yakni desa wisata.

"Sumber daya alam sudah sangat terbatas khususnya komoditas pertambangan yang selama ini menjadi mata pencaharian masyarakat Kabupaten Bangka. Sungai seperti di Baturusa, Sungai Perimping sudah dijarah TI. Kemudian suhu di dunia meningkat, kutub es mencair, air laut naik, hujan lebat terjadi banjir," ungkap Tarmizi ketika melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan pihak SMKN 1 Sungailiat, Jumat (14/8/2018)di Ruang Pertemuan SMKN 1 Sungailiat.

Untuk itu menurutnya sebagai kepala daerah perlu memikirkan perekonomian masyarakat pasca tambang timah ini.

"Tidak ada pilihan lain untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bangka salah satunya dengan mengembangkan pariwisata yang potensial di Kabupaten Bangka," jelas Tarmizi.

Oleh karena itu untuk mengembangkan sektor pariwisata Pemkab Bangka akan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Pantai Timur Sungailiat.

Untuk mempersiapkan KEK pariwisata tersebut makanya Pemkab Bangka perlu menyiapkan sumber daya manusia diantaranya bekerjasama dengan SMKN 1 Sungailiat di bidang pendidikan dan pelatihan.

"Ini penting makanya perlu disiapkan dari SMKN 1 Sungailiat. Komputernya, Bahasa Inggrisnya, akuntansinya harus dikuasai. Kalau kita tidak siap hanya jadi penonton. Kalau tidak siap hanya jadi pengangguran. KEK pariwisata ini bukan mimpi," tegas Tarmizi yang menjelaskan KEK pariwisata kepada para siswa-siswi SMKN 1 Sungailiat.

Ia mengatakan Pemkab Bangka sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada Yogjakarta (UGM) untuk program beasiswa strata satu, pasca sarjana dan diploma tiga pariwisata. Dimana tahun 2019 sudah mulai tes penerimaan untuk .

Tarmizi juga berpesan agar para pelajar SMKN 1 Sungailiat bisa mempromosikan objek wisata di Kabupaten Bangka melalui media sosial baik lewat facebook, instagram, twitter dan lainnya dengan banyak upload berbagai objek wisata di daerah agar banyak dikenal masyarakat hingga ke mancanegara.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved