Kisah Terbentuknya Pangkalpinang, Memiliki Arti Penting dan Strategis Bagi Kesultanan Palembang

Peringatan Hari Jadi ke 261 Kota Pangkalpinang 2018 ini memiliki arti penting

Kisah Terbentuknya Pangkalpinang, Memiliki Arti Penting dan Strategis Bagi Kesultanan Palembang
bangkapos/edwardi
Plt Walikota Pangkalpinang, M Sopian saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna Istimewa peringatan Hari Jadi ke 261 Kota Pangkalpinang di DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (17/09/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM -- Plt Walikota Pangkalpinang M Sopian mengatakan peringatan Hari Jadi ke 261 Kota Pangkalpinang 2018 ini memiliki arti penting karena merupakan peringatan ke delapan dengan latar belakang sejarah dibentuknya pangkal-pangkal di Pulau Bangka.

"Pangkal ini sebagai tempat kedudukan Demang yang bertugas mengawasi distribusi timah sebagai penghasilan utama Kesultanan Palembang Darussalam," kata M Sopian saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna Istimewa peringatan Hari Jadi ke 261 Kota Pangkalpinang di DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (17/09/2018).

Pembentukan pangkal-pangkal dilakukan atas perintah Susuhunan Sultan Ahmad Najamuddin I Adi Kesimpulan kepada Abang Pahang bergelar Tumenggung Dita Menggala dimulai pada tanggal 17 September 1757 atau 3 Muharram 1171 H.

"Salah satu Pangkal yang diberikan masa itu adalah Pangkalpinang yang berasal dari nama generic, Pangkal atau Pengkal dan nama spesific,Pinang atau Pinang atau Pinkong dalam dialeg Hakka ," ungkapnya.

Ditambahkannya, pembentukan pangkal-pangkal di Pulau Bangka sangat penting dan strategis bagi Kesultanan Palembang Darussalam karena penghasilan utama Kesultanan diperoleh dari monopoli penjualan timah.

"Disamping itu diperoleh dari pajak Tiban dan Yukon, adat perdagangan serah dan monopoli penjualan atas komoditas tertentu yang dimiliki sultan," jelasnya.

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved