Bandara Depati Amir Raih Penghargaan Prima Madya 2018 dari Kementerian Perhubungan

Dalam ajang Penganugerahan Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018 Kementerian Perhubungan

Bandara Depati Amir Raih Penghargaan Prima Madya 2018 dari Kementerian Perhubungan
Ist
Executive General Manager Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Chuanda memegang penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2018 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Dalam ajang Penganugerahan Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018 Kementerian Perhubungan, yang digelar di Jakarta Convention Centre, Senin (17/9/2018), PT Angkasa Pura II (Persero) raih 13 penghargaan.

Ajang apresiasi kepada para penyelenggara jasa transportasi yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali ini dibuka oleh Menteri Perhubungan dengan turut melibatkan 179 bandara di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Adapun dari 13 penghargaan yang berhasil diraih oleh PT Angkasa Pura II (Persero) pada tahun ini antara lain 5 Penghargaan Prima Utama, dan 8 Penghargaan Prima Madya.

Penghargaan Prima Utama diberikan kepada bandara yang memiliki nilai pelayanan tertinggi berdasarkan hasil survey dan asesmen oleh tim dewan juri.

Bandara-bandara yang memperoleh Prima Utama adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Husein Sastranegara-Bandung, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II-Pekanbaru, Bandara Internasional Kualanamu-Deli Serdang, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II-Palembang.

Sedangkan untuk penghargaan Prima Madya diraih oleh Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda-Aceh, Bandara Internasional Halim Perdanakusuma-Jakarta, Bandara Internasional Supadio-Pontianak, Bandara Depati Amir-Pangkal Pinang, Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah-Tanjung Pinang, Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII-Silangit, Bandara Internasional Minangkabau-Padang, Bandara Sultan Thaha-Jambi.

"Bandara Depati Amir pertama kali mendapat penghargaan pelayanan publik tersebut, dan kita sebagai manajemen kantor cabang Bandara Depati Amir bersyukur atas penghargaan tersebut walaupun baru pertama langsung masuk kategori Pelayanan Prima Madya," ujar Chuanda selaku Executive General Manager Bandara Depati Amir.

Chuanda menjelaskan bahwa Bandara Depati Amir tidak akan berpuas diri dan akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa bandara.

Disinggung soal partisipasi serta pencapaian tersebut Chuanda menyampaikan antusiasmenya terhadap capaian yang diraih pada ajang ini.

"Kami sangat berterimakasih kepada Kementerian Perhubungan karena hal ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja bandara. Tentunya penghargaan ini akan semakin memberikan motivasi kepada kami untuk terus hadir memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan kami," ungkapnya.

Penghargaan penilaian kinerja pelayanan publik merupakan tingkat keberhasilan hasil kerja tidak terlepas dari penilaian aspek kualitas pelayanan yang diberikan.

Selain aspek kualitas pelayanan, terdapat aspek penilaian lainnya yang dinilai yaitu : Aspek kebijakan pelayanan, aspek profesionalisme SDM, aspek sarana dan prasarana pelayanan publik, aspek sistem informasi pelayanan publik, aspek konsultasi dan pengaduan, dan aspek inovasi dan prestasi.

Keseluruhan aspek tersebut selanjutnya menjadi bahan penilaian para juri yang berasal dari sejumlah instansi antara lain Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Ombudsman, YLKI, para jurnalis, Kementerian Perhubungan, para akademisi, dan juga para pengemat/ahli transportasi.(*)

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help