Dukcapil Pangkalpinang Belum Terima Kabar Penghapusan KTP Lama

Hingga saat Dukcapil Kota Pangkalpinang belum mendapatkan surat pemberitahuan adanya rencana penghapusan 6 Juta KTP Lama oleh Kemendagri

Dukcapil Pangkalpinang Belum Terima Kabar Penghapusan KTP Lama
Bangka Pos / Edwardi
Pengumuman stok blanko e-KTP di Kantor Dukcapil Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Hingga saat Dukcapil Kota Pangkalpinang belum mendapatkan surat pemberitahuan adanya rencana penghapusan 6 Juta KTP Lama oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri agar segera mengganti dengan e-KTP hingga 31 Desember 2018.

"Saya sampai saat ini belum mendapatkan berita itu, tapi kalau imbauan agar warga terutama para pemilih pemula segera merekam biodata untuk e-KTP memang ada," kata Armada, Kepala Dukcapil Pangkalpinang yang ditemui Bangkapos.com di kantornya, Selasa (18/09/2018).

Diakuinya memang sampai saat ini masih ada warga Pangkalpinang yang menggunakan KTP model lama, namun di KTP lama itukan ada batas waktu berlakunya, bila sudah habis masa berlakunya maka mereka harus membuat e-KTP yang baru.

"Memang ada juga warga yang memegang Diketahui atau Surat Keterangan, mereka ini tinggal datang lagi ke Dukcapil untuk melakukan pencetakan e-KTP saja," jelasnya.

Ditambahkannya, sudah satu bulan terakhir ini pegawai Dukcapil Pangkalpinang turun ke lapangan untuk melakukan perekaman e-KTP bagi warga yang sakit, seperti lumpuh, gila dan disabilitas sehingga tidak bisa datang ke kantor Dukcapil.

"KTP nya bisa langsung kita cetak di tempat. Secara umum proses perekaman e-KTP di Pangkalpinang tidak ada masalah. Kita selalu mengimbau agar warga masyarakat aktif dan juga pegawai Dukcapil aktif untuk sama-sama melengkapi dokumen kependudukan ini," harapnya.

Diungkapkannya, jumlah pemilih pemula yang terdata sampai saat ini ada sekitar 2.600 orang.

" Saat ini stok blangko e-KTP yang tersedia sampai bulan September ada 1.500 blangko, nanti sekitar bulan Oktober kita akan meminta lagi ke Jakarta sekitar 5.000-6.000 blanko," jelasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved