‎Jelang Penetapan DCT Tingkat KPU Babel, Satu Bacaleg Masih Proses Sidang Ajudikasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal menetapkan Daftar Calon Tetap Pemilu 2019, Kamis (20/9/2018) besok

‎Jelang Penetapan DCT Tingkat KPU Babel, Satu Bacaleg Masih Proses Sidang Ajudikasi
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Ketua KPU Babel Davitri 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal menetapkan Daftar Calon Tetap Pemilu 2019, Kamis (20/9/2018) besok sekitar pukul 14.00 WIB. Ketua KPU Babel Davitri mengatakan, lembaganya terus mengecek dan menyiapkan berkas para calon yang telah ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara sebelumnya.

Dari 162 calon angota DPRD Provinsi Babel pada DCS‎ sebelumnya, ada satu calon yang ditetapkan dan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena merupakan mantan napi tindak pidana korupsi (tipikor). ‎ Caleg yang dimaksud adalah Syaifullah Asnan dari PBB.

Parpol pengusung telah diminta untuk mengganti namun kesempatan itu tidak diambil. Saat ini caleg tersebut dalam proses sidang ajudikasi di Bawaslu Babel.

"Ini (hasil ajudikasi) sedang kami tunggu," katany‎a.

Davitri mengatakan terkait ketentuan mantan napi tipikor ini, lembaganya juga harus berpegang pada PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang tahapan. Pihaknya, tidak bisa menunggu sementara tahapan terus berjalan.

Meski demikian pihaknya akan mengkaji dan menindaklanjuti bagaimana putusan ajudikasi Bawaslu. Seandainya sidang memutuskan bahwa bacaleg tersebut dinyatakan memenuhi syarat, maka KPU Babel bisa saja memasukkan yang bersangkutan ke DCT dengan tetap mempertimbangkan ketentuan-ketentuan lainya.

"Tapi kalau memang nanti, ada putusan dari Bawaslu, kami akan lihat, kalau memang sudah aturannya, kami masukkan yang bersangkutan. Tapi kan belum tahu putusannya seperti apa. Dalam hal ini, yang kami lihat bukan hanya pada persoalan mantan napi tipikor, tetapi ada proses syarat calon lain juga yang harus dipenuhi" katanya.

Adapun di tingkat kabupaten kota, tiga calon anggota legislatif di Belitung Timur yang sebelumnya sempat dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), kata Davitri, pihaknya masih menunggu keputusan KPU RI. Sebelumnya KPU RI meminta penundaan putusan sebelum MA keluar.

Saat ini, putusan MA tersebut sudah diterima oleh KPU dan juga sudah ada surat terkait ini dari KPU RI ke daerah. Prinsipnya, Davitri berujar, pihaknya akan bersikap sesuai ketentuan yang ada.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved