Kabupaten Belitung Zero Data Ganda

Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan menyatakan persoalan data pemilih ganda khusus di Kabupaten Belitung

Kabupaten Belitung Zero Data Ganda
Posbelitung.co/dede s
Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM  -  Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan menyatakan persoalan data pemilih ganda khusus di Kabupaten Belitung sudah zero.

Usai melakukan pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Rabu (12/9/2018) lalu, telah terjadi pengurangan DPT sebelumnya dari 122.156 menjadi 121.994 pemilih.

"Kemarin kami sudah tindaklanjut rekomendasi Bawaslu RI terkait data ganda yang setelah dilakukan verifikasi faktual dan sinkronisasi dengan Sidali, maka 162 data ganda telah dihapus dari DPT sebelumnya," ujar Soni kepada posbelitung.co, Rabu (19/9/2018).

Ia mengungkapkan penyampaian DPTHP kepada KPU Provinsi Kepulauan Babel, masalah data ganda khusus di Babel sudah bersih.

Akan tetapi, digelarnya pleno DPTHP di tingkat KPU RI, Bawaslu RI kembali mengeluarkan rekomendasi. Isinya menyebutkan bahwa DPT harus dilakukan perbaikan yang mengakomodir seluruh perubahan‎ termasuk pemilih baru dalam jangka waktu 60 hari ke depan.

"Karena rekomendasi Bawaslu RI ini harus ditindaklanjuti, kami KPU kabupaten masih menunggu juknis dari KPU RI," katanya.

Soni menilai terdapat hikmah bagi KPU, Bawaslu maupun parpol peserta Pemilu terkait temuan data ganda tersebut. Artinya, pemilih baru, meninggal atau pindah masih bisa diakomodir dalam DPT demi menjamin hak suara warga negara.

Begitu juga bagi instansi pemerintah, dalam hal ini Disdukcapil bisa kembali memberikan imbauan kepada masyarakat dalam hal melakukan perekaman KTP-El dalam jangka waktu 60 hari itu.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved