Polres Belitung Punya Cyber Troops Awasi Beredarnya Kabar Hoax di Medsos

Jajaran Polres Belitung terus melakukan pengawasan terhadap peredaran informasi hoax di media sosial (medsos).

Polres Belitung Punya Cyber Troops Awasi Beredarnya Kabar Hoax di Medsos
posbelitung.co/dede s
Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana memimpin apel gelar pasukan Ops Mantap Brata 2019, Rabu (19/9/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM  - Jajaran Polres Belitung terus melakukan pengawasan terhadap peredaran informasi hoax di media sosial (medsos).

Dalam pengawasan perkembangan dunia maya, Polres Belitung‎ memiliki unit cyber troops yang selalu memantau akun-akun yang mencoba menyebarkan kabar bohong. 

"Jadi hal-hal yang notabanenya bisa memprovokasi atau memfitnah dan membuat keresahan di masyarakat akan ditindak oleh unit cyber trops ini‎," ujar Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana kepada posbelitung.co, Rabu (19/9/2018).

Ia mengatakan unit cyber troops tersebut masih satu arah dengan unit di Polda Kepulauan Babel maupun Bareskrim Polri. Apabila terdapat alasan yang kuat, maka oknum penyebar hoax dapat dijerat menggunakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Selain pemilik, akun-akun yang diduga menyebarkan kabar hoax juga akan ditutup.

Yudhis mengimbau kepada masyarakat yang aktif bermain medsos baik itu facebook, instagram ataupun grup whatsapp tidak mudah percaya terhadap informasi yang belum dipastikan kebenarannya.

Kemudian, jika mendapatkan pesan berantai dirinya meminta tidak menyebarluaskan kabar tersebut.

"Jadi masyarakat ini tidak latah atau jarinya gatal untuk menyebarkan postingan yang sifatnya provokasi, ujaran kebencian, dan lainnya. ‎Kami tidak melarang anda bermain medsos, tapi harus lebih dewasa, tertib dan bertanggungjawab," katanya.

Dirinya juga berharap media cetak maupun elektronik juga membantu pihak kepolisian memberikan imbauan kepada masyarakat supaya tertib menggunakan medsos.

Sehingga isu-isu hoax ataupun ujaran kebencian yang dilontarkan oknum tertentu bisa diredam dan tidak mengganggu suasana kamtibmas di Kabupaten Belitung. 

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved