328 Caleg di Belitung Timur ikut Deklarasi Damai

"Kami mungkin berbeda dengan Kabupaten KPU daerah lain se-Babel," ujar Ketua Komisioner KPU kabupaten Belitung Timur (Beltim)

328 Caleg di Belitung Timur ikut Deklarasi Damai
posbelitung/suharli
Ratusan Caleg Bacakan Deklarasi Damai dan Berintegritas yangbdi pimpin ketua KPU Beltim Rizal, bertempat di Aula kantor Camat Manggar, pada Kamis (20/9/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

 BANGKAPOS.COM  - Sebanyak 328 calon anggota legislatif (Caleg) yang diusung dari 15 Partai politik (Parpol) peserta pemilu 2019 resmi ditetapkan oleh KPU Beltim pada Kamis (20/9). Mereka juga mengikuti sosialisasi peraturan KPU no. 28 tahun 2018, tentang Kampanye pemilu umum (Pemilu) 2019 dan deklarasi damai bertempat aula kantor Camat Manggar, pada Kamis (20/9/2018).

Ketua Komisioner KPU kabupaten Belitung Timur (Beltim) Rizal mengatakan, KPU Beltim kemungkinan satu-satunya kabupaten, yang mengundang seluruh caleg dalam sosialisasi peraturan KPU No.28 tahun 2018. Hal tersebut disampaikannya saat ditemui diselah kegiatan sosialisasi.

KPU Beltim sengaja mengudang caleg DPRD Beltim agar seluruh calon yang akan melakukan kampanye bisa mengetahui peraturan-peraturan terkait tahapan kampanye.

"Kami mungkin berbeda dengan Kabupaten KPU daerah lain se-Babel (Bangka Belitung-red), dimana kami mengundang seluruh caleg untuk hadir dalam kegiatan ini, kami optimis seluruh informasi tentang peraturan kampanye itu bisa diketahui seluruh calon," kata Rizal.

Rizal menjelaskan PKPU no. 28 tahun 2018, adalah peraturan KPU tentang Kampanye, perubahan dari PKPU no.23 tahun 2018.

Dalam PKPU NO.28 membahas tentang tim kampanye, metode kampanye, larangan dan juga sanksi-sanksi terhadap larangan kampanye itu sendiri.

"Kami mengharapkan, ketika Parpol dan caleg mengetahui tentang larangan dan sanksi mereka harus berhati-hati dan tidak sembarangan harus sesuai dengan perundang-undangan,yaitu peraturan KPU tentang Kampanye ini, karena sanksinya jelas, bahwa di Undang-undang pemilu bisa membatal calon atau bisa membantal calon terpilih nantinya," jelas Rizal.

Ratusan Caleg Bacakan Deklarasi Damai dan Berintegritas yangbdi pimpin ketua KPU Beltim Rizal, bertempat di Aula kantor Camat Manggar, pada Kamis (20/9/2018). (posbelitung/suharli)Bacakan Deklarasi Damai dan Berintegritas yangbdi pimpin ketua KPU Beltim Rizal, bertempat di Aula kantor Camat Manggar, pada Kamis (20/9/2018).
Ratusan Caleg Bacakan Deklarasi Damai dan Berintegritas yangbdi pimpin ketua KPU Beltim Rizal, bertempat di Aula kantor Camat Manggar, pada Kamis (20/9/2018). (posbelitung/suharli)Bacakan Deklarasi Damai dan Berintegritas yangbdi pimpin ketua KPU Beltim Rizal, bertempat di Aula kantor Camat Manggar, pada Kamis (20/9/2018). (posbelitung/suharli)

Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas

Usai melaksanakan Sosialisasi PKPU para Caleg juga mengikuti Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas disaksikan Wakil Bupati Beltim Burhanudin, unsur Forkopimda, KPU Beltim, Bawaslu Beltim.

Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin mengajak kepada semua yangbhadir dalam kegiatan tersebut, khususnya para peserta Pemilu dan masyarakat Belitung Timur untuk bersama-sama melawan dan memerangi hoaks dan berita bohong, terutama dalam pelaksanaan pemilu.

"Selain itu, pada masa kampanye nantinya, mari kita jadikan sebagai ruang pendidikan bagi masyarakat untuk mencari dan menentukan pilihan. bukan menjadi ajang saling membongkar kejelekan, menebar kebencian, Menjatuhkan dan saling menyudutkan, apalagi sampai menggunakan isu suku, ras, agama dan antar golongan," ujar Aan.

Deklarasi damai ditutup dengan penandatanganan Deklarasi damai di banner dan dipiagam Deklarasi, dimana piagam tersebut diserahkan kepada Parpol yang ikut serta dalam pemilu 2019. 

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved