Pemilu 2019

Eko Wijaya Sebut Data Antariksa Sangat Penting Bagi Bangka Belitung

Anggota Komisi VII DPR RI, Eko Wijaya bersama Lapan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya data antariksa bagi Pemerintah dan Masyarakat

Eko Wijaya Sebut Data Antariksa Sangat Penting Bagi Bangka Belitung
ist
Eko Wijaya 

BANGKAPOS.COM--Anggota Komisi VII DPR RI, Eko Wijaya, bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan sosialisasi mengenai pentingnya data keantariksaan bagi Pemerintah dan Masyarakat di daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Lingkungan Rambak, Desa Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (19/9/2018).

“Data antariksa yang dimiliki Lapan ini banyak gunanya. Contohnya saja Sistem Embaram Maritim (SEMAR), itu sistem bisa membuat nelayan efektif melaut karena nelayan bisa mengetahui posisi ikan melalui alat yang dimiliki. Jadi setiap melaut, hasil akan efektif dan tidak membuang bahan bakar,” Ujar Eko Wijaya ketika ditemui seusai acara.

Sosialisasi ini sendiri turut dihadiri oleh Ir. Yuliantini Erowati, M.Si, selaku Kepala Pusat Invonasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa Lapan Kepala RT Lingkungan Rambak Didi, Tokoh Masyarakat Setempat, H Abdul Aziz, Mahasiswa dari berbagai Universitas di Bangka Belitung berserta nelayan dan warga Desa di Desa Jelitik.

Menurut Anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini, selain berguna bagi nelayan untuk efektivitas melaut. Data antariksa juga bisa digunakan oleh pemerintah untuk merumuskan kebijakan terkait Pariwisata dan Mitigasi Bencana yang tepat sasaran.

Data antariksa yang dimiliki seperti penginderaan jauh dan sistem observasi bumi nasional sangat membantu memetakan potensi wilayah yang dimiliki oleh Provinsi Bangka Belitung.

“Lapan punya Sistem Informasi SDA dan Lingkungan (SIPANDA) dan Sistem Informasi untuk Mitigasi Bencana (SIMBA), dua sistem ini bisa digunakan Pemda Provinsi dan Kota untuk kebijakan pariwisata dan mitigasi bencana yang tepat sasaran. Pariwisata nanti akan semakin maju dan bencana di Babel akan cepat tertangani dengan efektif dan efisien.” ungkap Eko Wijaya.

Putra asli daerah ini juga mengingatkan bahwa aktivitas pertambangan di Babel yang selama ini menopang kehidupan ekonomi masyarakat juga bisa menggunakan data antariksa yang dimiliki oleh Lapan.

SIPANDA yang dimiliki oleh Lapan bisa membantu Pemerintah memetakan dimana tanah yang memiliki potensi tambang terbaik.

“Dengan begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari data keantariksaan dan sistem informasi yang dimiliki oleh Lapan, Saya selaku Anggota DPR RI dari Dapil Bangka Belitung mendorong Pemerintah Daerah setempat untuk memanfaatkan teknologi yang dimiliki Lapan. Teknologi ini nantinya bisa membantu peningkatan potensi alam di Bangka Belitung terutama sektor Pariwisata, Perikanan dan Mitigasi Bencana,” ujar  Eko Wijaya. (*)

Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved