Jaksa Ancam Sita Harta Benda Oknum Kepala SMPN 5 Belinyu, Dituntut 3 Tahun 6 Bulan Kasus Korupsi

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cabjari Belinyu, Dede MY dan RM Yudha Pratama menuntut oknum Kepala SMPN 5 Belinyu

Jaksa Ancam Sita Harta Benda Oknum Kepala SMPN 5 Belinyu, Dituntut 3 Tahun 6 Bulan Kasus Korupsi
int
Borgol 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cabjari Belinyu, Dede MY dan RM Yudha Pratama menuntut oknum Kepala SMPN 5 Belinyu, Andika Bani tiga tahun dan enam bulan kurungan penjara.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Belinyu, yang juga merangkap JPU pada perkara tindak pidana korupsi (Tipikor) ini kepada bangkapos.com di Sungailiat, Kamis (20/9/2018) memastikan, surat tuntutan telah dia bacakan. 

"Surat tuntutan sudah kita bacakan saat sidang di Pengadilan Tipikor di Pangkalpinang, hari ini, Kamis (20/9/2018)," kata Dede, usai sidang.

Dalam surat tuntutan kata Dede, ia dan JPU RM Yudha Pratama, di hadapan majelis hakim pengadilan setempat menyatakan terdakwa Andika Bani Prabowo S.Pd bin Sukarman telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindakan pidana korupsi, atau melakukan  beberapa  perbuatan yang mempunyai hubungan satu sama lain.

"Sehingga harus dipandang sebagai suatu perbuatan belanjut dengan tujuan menguntungkan diri sendiri, atau orang lain atau suatu koorporasi, menyalah-gunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara," tegas Dede.

Perbuatan Terdakwa Andika Bani Prabowo menurut Dede, diyakini sebagai bentuk pelanggaran hukum, diatur dan diancam Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi (Tipikor).

"Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang pemberantasan Tipikor Jo Pasal 64 Ayat 1 KUHP, seperti tertuang dalam surat dakwaan subsider tersebut,"  katanya.

Pada akhirnya Dede meminta majelis hakim menjatuhkan pidana kurungan penjara karena perbuatan terdakwa dianggap sebagai sebuah kesalahan. "Agar majelis hakim menjatuhkan hukuman terhadap Terdakwa Andika Bani Prabowo S,Pd bin Sukarman dengan pidana penjara selama tiga tahun dan enam bulan, dikurangi masa tahanan sementara yang sudah dilalui terdakwa dengan perintah terdakwa tetap ditahan," katanya.

Tak hanya itu, JPU Cabjari Belinyu saat sidang tuntutan di PN Tipikor Pangkalpinang, juga meminta majelis hakim mengharuskan terdakwa membayar denda sebesar Rp 50 Juta, subsider tiga bulan kurungan. Selain denda, terdakwa juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 299.612.250.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help