Lakukan Pemeriksaan Kesehatan, 22 Andikpas LPKA Dinyatakan Negatif Penyakit Menular

Aldo mengakui selama berada di lingkup LPKA, ia mengalami berbagai penyakit lantaran kurangnya kesadaran terhadap kebersihan

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan, 22 Andikpas LPKA Dinyatakan Negatif Penyakit Menular
Bangkapos/ira kurniati
Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pangkalpinang berkoordinasi Dinas kesehatan Kota Pangkalpinang, melalui tim medis UPT Puskesmas Taman Sari, melakukan pemeriksaan kesehatan bagi Anak didik pemasyarakatan (Andikpas), Kamis (20/9/2018). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM - Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pangkalpinang berkoordinasi Dinas kesehatan Kota Pangkalpinang, melalui tim medis UPT Puskesmas Taman Sari, melakukan pemeriksaan kesehatan bagi anak didik pemasyarakatan (Andikpas), Kamis (20/9/2018).

Sebanyak 22 Andikpas turut melakukan pemeriksaan kesehatan. Salah seorang Andikpas LPKA, Aldo, mengakui selama berada di lingkup LPKA, ia mengalami berbagai penyakit lantaran kurangnya kesadaran terhadap kebersihan dirinya sendiri maupun lingkungan setempat.

"Selama disini saya pernah mengidap penyakit maag, demam dan gatal-gatal. Penyakit yang sering diidap oleh teman-teman disini yaitu gatal-gatal, karena kurangnya kesadaran kami akan kebersihan dan kebiasaan mandi." ujar Aldo, Kamis (20/9/2018).

Sementara itu, menurut pengelola program kesehatan remaja UPT Puskesmas Taman sari, Fitriana, hasil pemeriksaan terhadap puluhan andikpas hanya didominasi dengan keluhan gatal-gatal, alergi dan pusing.

"Sampai saat ini sudah tiga kali dilakukan pemeriksaan kesehatan, yakni bulan juli, agustus dan september. Dilihat dari pemeriksaan pada bulan-bulan sebelumnya, alhamdulillah ada penurunan keluhan penyakit." kata Fitriana.

Pihaknya akan berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi Andikpas, guna mewujudkan peningkatan derajat kesehatan bagi para andikpas. Selain itu, pihak LPKA juga meminta petugas kesehatan melakukan tes hepatitis dan HIV/AIDS. Rapid tes ini dilakukan untuk melihat indikasi tertularnya andikpas atau tidak.

"Setelah dilakukan rapid test, alhamdulillah semua andikpas dinyatakan negatif dari hepatitis maupun HIV/AIDS." ujar Nudia Fadillah selaku petugas laboratorium analis kesehatan UPT Puskesmas Taman sari.

Terdapat empat tes pemeriksaan kesehatan yang diikuti oleh 22 andikpas ini, yaitu pemeriksaan kesehatan yang rutin diadakan tiap bulannya, skrining, pemeriksaan TB dan HIV/AIDS.

Kasubsi perawatan LKPA Kelas II Pangkalpinang, Alkok Marya menuturkan kegiatan ini rutin dilakukan pihaknya atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, melalui UPT Puskesmas taman sari, tiap bulannya. Namun untuk pemeriksaan hepatitis dan HIV/AIDS akan dicanangkan setiap tiga bulan sekali.

"Alhamdulillah hari ini Andikpas dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin, skrining dan pemeriksaan hepatitis maupun HIV/AIDS. Semuanya tidak ada yang terinfeksi atau negatif dari penyakit menular." imbuhnya.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved