Tiga Bacaleg Bangka Barat Sengketa Pemilu, Ketua Bawaslu: Kita Lihat Fakta Persidangan

Tiga daftar calon sementara Bacaleg Kabupaten Bangka Barat 2019 saat ini masih dalam sidang seketa pemilu.

Tiga Bacaleg Bangka Barat Sengketa Pemilu, Ketua Bawaslu: Kita Lihat Fakta Persidangan
istimewa
Ketua Bawaslu Bangka Barat Rio Agus Fahlevi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM  -- Ketua Bawaslu Bangka Barat Rio Agus Fahlevi menyampaikan tiga daftar calon sementara bakal calon legislatif (bacaleg) Kabupaten Bangka Barat 2019 saat ini masih dalam sidang seketa pemilu.

Pihaknya pun belum mau memberikan keterangan terlalu jauh mengenai ketiganya, karena sidang saat ini masih berlangsung.

"Kami belum bisa melihat apakah mereka yang bersengketa ini memenuhi syarat atau tidak untuk ditetapkan menjadi daftar calon tetap nantinya, kita lihat nanti kesimpulan sidang. Sekarang kami belum bisa memastikannya, semua masih berpeluang, jadi kita lihat dari fakta-fakta persidangan dan bukti-bukti yang menguatkan mereka masing-masing, baik dari pihak termohon maupun pemohon," jelas Rio kepada bangkapos.com, Kamis (20/9)

Dia menerangkan ketiga calon yang sedang bersengketa saat ini ada yang sudah masuk tahap kesimpulan, seperti calon dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Sementara untuk calon dari partai Demokrat sudah sampai tahap pembuktian, kalau tidak ada halangan Jumat (21/9) masuk ke kesimpulan.

"Satu lagi partai Perindo yang saat ini sudah masuk tahap pembuktian," lanjutnya

Pihaknya diberi waktu 12 hari untuk menyelesaikan perkara pemilu ini, kemungkinan besar hasil akhir atau keputusan ketiga bacaleg yang bersengketa akan diumumkan sebelum tanggal 26 September 2018. 

"Sebelum putusan kita akan berkonsultasi dulu ke Bawaslu Provinsi terkait dengan putusan, dan selama ini tidak ada permasalahan dalam sidang ajudikasi, yang penting pemohon dan termohon wajib hadir walaupun didampingi oleh kuasa hukum," kata Rio. 

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved