Universitas Indonesia Ungkap Hasil Pemetaan Potensi Wisata di Desa Sijuk, Ini Sarannya

Potensi Desa Sijuk dengan adanya klenteng tertua dan masjid tertua yang berdekatan.

Universitas Indonesia Ungkap Hasil Pemetaan Potensi Wisata di Desa Sijuk, Ini Sarannya
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Tim Universitas Indonesia melakukan FGD Pengembangan Desa Sijuk sebagai desa wisata di Kantor Kecamatan Sijuk pada Kamis (20/9/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM  - Pada 2015 tim Universitas Indonesia (UI) melakukan pemetaan di Belitung.

Hasil pemetaan tersebut, dikatakan Wakil dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Irmawati Marwoto mengatakan melihat potensi Desa Sijuk dengan adanya klenteng tertua dan masjid tertua yang berdekatan.

"Ini menunjukkan keharmonisan antara umat beragama di Belitung sudah terjadi sejak zaman dulu," katanya saat ditemui Pos Belitung usai kegiatan forum group discussion (FGD) pengembangan Desa Sijuk sebagai desa wisata yang diselenggarakan Bappeda Kabupaten Belitung.

Kegiatan yang digelar di Kantor Kecamatan Sijuk pada Kamis (20/9) ini menggelar diskusi bersama masyarakat desa, Irma menuturkan bahwa pihaknya telah merevitalisasi lima rumah tradisional.

Rumah yang sebelumnya dalam kondisi tak layak huni tersebut menurutnya harus diselamatkan karena merupakan peninggalan masa lalu yang juga memiliki nilai dalam pengembangan wisata.

Selain itu, pengembangan selanjutnya Irma menyarankan perlu ditambah amenitas dan atraksi untuk menarik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Atraksi bisa dikembangkan bersama komunitas.

"Untuk dijadikan ikon, masyarakat bisa menanam bunga Alamanda sehingga menyajikan tempat indah dan menyenangkan sehingga ada pengalaman yang dijual," jelasnya.

Pihaknya pun menyarankan menggunakan baju tradisional bagi masyarakat desa.

Pengembangan desa budaya ini menurutnya memerlukan komitmen bersama masyarakat maupun pemerintah daerah.

"Kami ingin bersama masyarakat tidak hanya tim UI, ayo bersama memadukan pemikiran. Terutama perlu komitmen juga dari kepala desa Sijuk," imbuhnya.

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help