Deklarasi Kampanye Damai, KPU Babel Ajak Peserta Pemilu 2019 Karnaval Kenakan Pakaian Adat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bakal menggelar deklarasi kampanye damai Pemilu 2019, Minggu (23/9/2018)

Deklarasi Kampanye Damai, KPU Babel Ajak Peserta Pemilu 2019 Karnaval Kenakan Pakaian Adat
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Komisioner divisi SDM dan Parmas KPU Babel Fahrurrozi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bakal menggelar deklarasi kampanye damai Pemilu 2019, Minggu (23/9/2018) mendatang. Uniknya, pada deklarasi ini, seluruh perwakilan peserta Pemilu 2019 di tingkat Provinsi Bangka Belitung melakukan karnaval berjalan kaki mengenakan pakaian tradisional bertemakan kearifan lokal seperti Baju Kurung dan Baju Teluk Belango.

Selain peserta Pemilu 2019 seperti partai politik dan tim calon DPD RI, karnaval yang dimulai pada pukul 6.00 WIB ini juga bakal diikuti oleh jajaran KPU dan Bawaslu Babel. Karnaval akan diawali dari kantor KPU Babel,kemudian melalui Jalan Mentok dan finis di Taman Mandara, pusat berlangsungnya deklarasi.

Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Babel Fahrurrozi mengatakan, deklarasi ini digelar secara serentak se-Indonesia. Kegiatan ini digelar karena tahapan Pemilu 2019 memasuki masa kampanye Pemilu 2019 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang.

"Deklarasi ini digelar serentak se-Indonesia. Di Babel, kami pusatkan di Taman Mandara. Deklarasi ini mengawali dimulainya masa kampanye Pemilu 2019," ucap komisioner yang akrab disapa Oji ini.

Di Taman Mandara, deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 akan dilakukan. Selain peserta dan penyelenggara Pemilu, deklarasi juga bakal diikuti oleh Gubernur, TNI/Polri, LSM/Ormas, media massa, dan simpatisan partai politik peserta Pemilu 2019. Akan ada orasi demokrasi oleh Ketua KPU Babel Davitri, pembacaan ikrar dan penandatangan prasasti Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019, hingga pelepasan burung Merpati.

Ikrar deklarasi bakal dibacakan oleh Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD) KPU Babel dan diikuti oleh seluruh peserta Pemilu 2019. KPPD Babel adalah komunitas yang dibina oleh KPU Babel selama ini.

"Semangat yang ingin disampaikan itu adalah kampanye damai, yang anti-SARA, anti-hoaks, ujaran kebencian. Kami arahkan lebih baik adu gagasan saja," ujar Oji.

Acara juga bakal diisi dengan acara hiburan seperti seni berbalas pantun oleh KPPD dan persembahan seni dari peserta Pemilu. Pada acara ini, KPU tidak memperkenankan peserta Pemilu 2019 menggunakan atribut atau menyampaikan hal-hal yang menjatuhkan dan menjelekkan peserta Pemilu lainnya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved