Calon Star Up SMKN 1 Muntok Dibekali Bisnis Model Canvas dan Etika Hukum Bisnis

Calon star up di SMKN 1 Muntok kembali dibekali ilmu pengetahuan tentang bisnis model canvas dan etika hukum bisnis, Sabtu (22/9)

Calon Star Up SMKN 1 Muntok Dibekali Bisnis Model Canvas dan Etika Hukum Bisnis
Ist
Calon Star Up SMKN 1 Muntok Dibekali Bisnis Model Canvas dan Etika Hukum Bisnis di sekolahnya 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Calon star up di SMKN 1 Muntok kembali dibekali ilmu pengetahuan tentang bisnis model canvas dan etika hukum bisnis, Sabtu (22/9)

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya yakni membahas tentang wawasan dalam menjalankan usaha.

" Tujuan dari kegiatan ini untuk mendapatkan pengetahuan yang mendalam mengenai etika dan hukum berbisnis, selain itu juga untuk membuat dan menganalisis model dalam bisnis," sebut ketua Tehnopark SMKN 1 Muntok Arpani kepada Bangkapos.com disela-sela kegiatan di SMKN I Muntok.

Salah satu pemateri dalam kegiatan ini Fadli Arisanti menyampaikan bisnis Model Canvas adalah alat untuk membuat dan menganalisis model bisnis. Membuat model bisnis baru dengan lebih mudah, menganalisa dan mengupdate model bisnis yang sudah ada.

Didalam bisnis ini ada sembilan tahap yang harus dilaksanakan oleh para pengusaha muda (startup) untuk membangun usaha, diantaranya, menentukan custemer segment, kemudian apa value proposition yang akan dberikan kepada konsumen.

" lalu bagaimana channels perusahaan dapat menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggan, selanjutnya membangun customer relationship, juga bagaimana perusahaan mendapat uang dari konsumen (Revenue Streams)," jelasnya

Selain itu ada Key Resources dibutuhkan untuk menghasilkan Value Proposition, Key Activities, bagaimana menghasilkan produk yang akan dihasilkan, Key partnership, siapa fatrner dan supplier yang bisa me-leverage bisnis dan Cost Structure yang harus dikeluarkan oleh perusahaan utk menciptakan produk.

"Diharapkan setelah mendapatkan materi ini para startup bisa lebih memanage usaha yang dirintis agar hasil yang didapatkannya, maksimal dan terus mengevaluasi kekurangan usaha startup dan mengembangkan yang sudah berjalan," Harapnya

Terpisah Nurul Huda pemateri yang menyampaikan tentang etika hukum bisnis menerangkan, calon pebisnis harus tahu hukum dan bagaimana semestinya etika dalam berbisnis yang benar.

" Sederhananya adalah agar dalam berusaha atau berbisnis kita paham etikanya, harapannya persaingan antar sesama pebisnis menjadi sehat," tuturnya.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: zulkodri
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help