Pemilu 2019

Bahar Buasan Dorong Petani Jual Hasil Pertanian “Barang Jadi”

Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung, Bahar Buasan, mendorong petani untuk tidak langsung menjual hasil tani mereka

Bahar Buasan Dorong Petani Jual Hasil Pertanian “Barang Jadi”
Bangka Pos
Kegiatan panggung boneka di Rumah Inspirasi Buasan, Desa Baskara Bakti Kecamatan Pang­kalanbaru Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (20/1/2018). 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung, Bahar Buasan, mendorong petani untuk tidak langsung menjual hasil tani mereka. Bahar ingin adanya pengolahan terlebih dulu untuk meningkatkan nilai jual hasil pertanian tersebut.

Karena itu, Bahar ingin pemerintah mengevaluasi aturan soal pembuatan pabrik. Sebab, menurut Bahar, keberadaan pabrik merupakan salah satu yang dibutuhkan petani saat ini.

"Kita jangan tergantung pada cara-cara yang konvensional, hanya menjual hasil pertanian kita. Tapi bagaimana meningkatkan value (nilai) dari produk agar nilainya lebih baik," kata Bahar, Senin (24/9/2018).

"Cara mendorongnya kita bantuan juga jadi pemerintah untuk mendorong perizinan," lanjutnya.

Dengan pabrik yang cukup, Bahar berharap tak ada lagi suplai yang berlebihan dibandingkan dengan kebutuhan. Hal tersebut agar harga tetap stabil.

"Agar dengan pabriknya cukup jangan terjadi suplai berlebihan dibanding kebutuhan. Sehingga harga bisa stabil," tuturnya.

Karena itu, Bahar berharap pemerintah pusat dan daerah memperbaiki izin soal pabrik. Sehingga hasil tani bisa cepat terserap oleh pabrik.

"Kami, Komite II mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong investor mempermudah izin, sehingga investor bisa secepatnya membangun pabrik. Sehingga hasil petani bisa cepat terserap oleh pabrik," tutupnya.(*)

Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help