Pemilu 2019

Pengalaman Bersama Petani Sawit Babel, Rudianto Tjen Siap Selesaikan Masalah Irigasi

Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Rudianto Tjen, mengatakan dirinya siap untuk menyelesaikan masalah pengairan sawit di Babel.

Pengalaman Bersama Petani Sawit Babel, Rudianto Tjen Siap Selesaikan Masalah Irigasi
Ist
Anggota DPR RI Rudianti Tjen ketika berbicara dan berbaur dengan petani sawit 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Rudianto Tjen, mengatakan dirinya siap untuk menyelesaikan masalah pengairan sawit di Babel. Salah satu caranya adalah dengan mendorong pemerintah daerah memfasilitasi irigasi perkebunan sawit.

Sebagai wakil rakyat Babel yang sudah tiga periode, Rudianto Tjen paham apa yang menjadi permasalahan para petani sawit. Menurutnya, hal yang paling sering dikeluhkan oleh mereka adalah pengairan.

“Saya pikir mungkin pengairan ya (kendala dari perkebunan sawit). Karena cuma pengaruh air saja nggak ada yang lain," kata Rudianto, Senin (24/9/2018).

"Seperti kita sekarang ini, musim panas seperti ini, biasanya beberapa bulan kemudian panennya akan turun drastis,” lanjutnya.

Dirinya mencontohkan, seperti kondisi saat ini, dimana musim kemarau berkepanjangan yang akan mempengaruhi hasil panen para petani sawit. Rudianto menyebutkan bila hasil panen petani akan berkurang hingga 50 persen.

“Tapi memang masalahnya, pada musim kemarau, kurang air (maka) terjadi penurunan panen yang drastis, biasanya di bawah 50 persen dari normal," papar Rudianto.

Karena itu, politisi PDI-Perjuangan itu menilai bila pengairan ke kebun-kebun sawit diperbaiki, maka produksi para petani sawit akan stabil sepanjang tahun.

"Kalau ada pengairan saya pikir ini bisa dibikin stabil produksinya,” tutupnya.(*)

Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help