Dituding Culas, Begini Kisah Inggris Tenggelamkan Flagship Terkuat Argentina ARA Admiral Belgrano

Protes keras dilancarkan Argentina kepada Inggris karena menilai penenggelaman Admiral Belgrano merupakan tindakan culas

Dituding Culas, Begini Kisah Inggris Tenggelamkan Flagship Terkuat Argentina ARA Admiral Belgrano
medium.com
ARA Admiral Belgrano ketika limbung hendak tenggelam 

BANGKAPOS.COM--Rivalitas Inggris dengan Argentina bukan hanya terjadi di dalam lapangan hijau saja gegara gol tangan tuhan Maradona di Piala Dunia 1986.

Tercatat sebelum hal tersebut terjadi, kedua negara sempat terlibat peperangan dahsyat hanya untuk sebuah pulau kecil bernama Falkland atau Malvinas.

Pulau Malvinas sebetulnya lebih dekat secara geografis, namun pulau ini masuk sebagai koloni Inggris sejak tahun 1740.

Argentina yang merasa berhak memiliki Malvinas karena kedekatan georgarfis, sejarah dan kultur kemudian ingin memasukan Malvinas sebagai wilayah kedaulatannya.

Mengutip dari Angkasa, pada 2 April 1982, diktator Argentina Jenderal Leopoldo Galtieri memerintahkan total 4000 tentaranya menggeruduk Malvinas yang saat itu hanya dipertahankan oleh 22 personil Royal Marines Inggris.

Ibukota Malvinas yakni Stanley kemudian jatuh ke tangan Argentina dan secara de facto pulau tersebut sudah dikuasai oleh negara Amerika Latin itu.

Mendapat koloninya direbut Argentina, Ratu Elizabeth II dan PM Margaret Thatcher marah sejadi-jadinya.

Angkatan Perang Inggris dalam jumlah besar kemudian diperintahkan menuju Malvinas pada 12 April 1982 untuk melakukan serangan balik.

Mereka juga mengumumkan Zona Eksklusif Maritim sepanjang 200 mil di sekitar pulau Malvinas dan barangsiapa masuk ke zona tersebut maka akan ditembak namun jika tak memasukinya aman.

Namun sebelum armada raksasa Inggris sampai di Malvinas, Royal Navy sebelumnya sudah menyiagakan 3 buah kapal selam tenaga nuklir yang salah satunya ialah HMS Conqueror.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved