Perhitungkan dan Cermati Hal Ini Sebelum Mendaftar CPNS 2018

Sejumlah hal mesti anda perhitungkan dan cermati dengan matang sebelum mendaftar pada rekrutmen CPNS 2018 yang bakal dibuka 26 September 2018 ini.

Perhitungkan dan Cermati Hal Ini Sebelum Mendaftar CPNS 2018
Kolase Bangka Pos -Tribun Manado
Rekrutmen CPNS 2018 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sejumlah hal mesti anda perhitungkan dan cermati dengan matang sebelum mendaftar pada rekrutmen CPNS 2018 yang bakal dibuka 26 September 2018 ini.

Dua di antaranya yang diketahui sangat penting adalah, pertama dokumen persyaratan, dan kedua, peluang formasi pada jabatan yang dilamar.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengadaan, Mutasi dan Data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pangkalpinang Fahrizal mengatakan, dokumen persyaratan saat mendaftar perlu diperhatikan dengan baik oleh pelamar.

Sebab, registrasi berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) hanya bisa dilakukan satu kali saat mendaftar dan tida bisa diedit kembali saat terjadi kesalahan oleh pelamar.

Pelamar diimbau untuk meneliti dengan betul persyaratan sebelum registrasi. Pastikan formasi yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan dokumen yang diunggah adalah dokumen asli dengan ukuran file sesuai ketentuan yang diminta.

"Serta pastikan koneksi stabil saat mengunggah dokumen. Registrasi berdasarkan NIK hanya bisa dilakukan satu kali. Dan tidak bisa diedit kembali. Pastikan data yang diisi benar dan diteliti kembali sebelum disubmit. Kalau ada masalah terkait NIK, koordinasikan dengan dinas dukcapil sesuai domisili pelamar," ujar Fahrizal kepada Bangka Pos, Selasa (25/9/2018).

Peserta, kata Fahrizal, juga tidak bisa memantau jumlah dan asal pelamar pada jabatan yang ia lamar. Ini kenapa, selain ketelitian terkait dokumen dan persyaratan, perhitungan peluang perlu benar-benar jadi perhatian khusus pelamar.

"Tidak bisa (dipantau jumlah pelamar). User pelamar hanya terkait data diri pelamar dan formasi yg dilamar. Yang penting persiapan untuk CAT SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) semaksimal mungkin biar lolos SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)," katanya.

Pendaftaran CPNS 2018 direncanakan bakal dibuka 26 September hingga 10 Oktober 2018. Fahrizal mengatakan, websites https://sscn.bkn.go.id adalah kewenangan BKN sehingga kalau terjadi masalah jika pelamar membeludak di awal pendaftaran, maka hal ini akan ditangani langsung oleh BKN.

"Panselda (Panitia Seleksi Daerah) hanya user. Kalau terjadi trouble, BKN langsung yang handle," ucap Fahrizal.(*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help