Markus Apresiasi Perayaan Sembahyang Bulan di Puput

Wakil Bupati Bangka Barat Markus mengatakan, tradisi di Bangka Barat cukup banyak, baik itu sifatnya kebudayaan maupun keagamaan.

Markus Apresiasi Perayaan Sembahyang Bulan di Puput
Ist
Masyarakat antusias menyaksikan sembahyang bulan di Desa Puput Kecamatan Parittiga 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Wakil Bupati Bangka Barat Markus mengatakan, tradisi di Bangka Barat cukup banyak, baik itu sifatnya kebudayaan maupun keagamaan.

Salah satunya adalah sembahyang bulan yang dilakukan warga keturunan Tionghoa di Desa Puput Kecamatan Parittiga dan Muntok.

"Begitu banyak adat istiadat ataupun tradisi yang ada di Bangka Barat ini, seperti sembahyang bulan, sembahyang rebut, pesta adat kampung/desa dan lain sebagainya, dan ini lah keragama. Yang hadir disini, bukan hanya warga khonghucu saja, tapi warga non khonghucu juga meramaikan acara malam ini, dan ini harus menjadi contoh keragaman di Indonesia," sebut Markus dihadapan tamu dan undangan saat perayaan Sembahyang Bulan di Desa Puput, Selasa malam (25/9)

Menurut Markus tradisi seperti ini agar dipertahankan dan dilestarikan, pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi acara-acara adat istiadat.

Sehari sebelumnya Markus juga menghadiri acara sembahyang bulan di Kelenteng Kung Fuk Miau Muntok bersama Bupati Parhan Ali, sekaligus membuka kegiatan pameran foto-foto zaman dahulu.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved